Infertilitas Pada Pria

Waspadai Lingkungan Kerja

ME ASIA | 12 Agustus 2016, Tidak sedikit kalangan awam menganggap intertilitas,  sebutan untuk mandul atau ketidaksuburan, lekat dengan sosok istri. Padahal, kemungkinan suami mengalaminya, terbilang  cukup besar. Hal ini juga dikatakan oleh Dr. Sigit Solichin, SpU dari Klinik Urologi RSU Bunda Jakarta, salah satu pembicara di acara bertajuk “Pilihan Pekerjaan Bisa Berdampak Pada Infertilitas Pria”, yang digelar RSU Bunda Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Diperkirakan saat ini ada 15% pasangan di dunia yang infertil. Artinya, mereka tidak dapat memiliki keturunan secara alami  meski pun rutin behubungan seksual tanpa pengaman. Dan setidaknya dalam waktu 1 tahun atau lebih. Ada pun penyebabnya, 50% dari faktor pria.”

Foto bg 1 # Dr. Didid W, Direktur RSU Bunda JakartaDalam kata sambutannya, Dr. Didid Winnentouw, Direktur  RSIA Bunda Jakarta, pun  tidak memungkiri bahwa banyak pria yang sering menyalahkan wanita pasangannya ketika dari perkawinannya yang telah berangsung cukup lama tidak juga membuahkan keturunan. Bahkan kemudian, hanya sang istri saja yang disarankan berobat.  Padahal, untuk masalah infertilitas ini diperlukannya saling keterbukaan antar pasangan agar diketahui siapa yang berkendala dalam reproduksi, untuk kemudian dibicarakan bersama dan dicarikan solusinya.

Di acara bertajuk  “Pilihan Pekerjaan Bisa Berdampak Pada Infertilitas Pria”, baik Dr. Didid Winnentouw, Dr. Dr. Sigit Solichin, mau pun Dokter Spesialis Okupasi sekaligus Konsultan RSU Bunda Jakarta, Dr. Kasyunnil Kamal, MS., SpOK, — hadir  sebagai pembicara, sangat menyarankan agar pasangan suami istri   untuk saling terbuka membicarakan masalah kesuburan ini, lalu menghubungi dan memeriksakan diri pada ahlinya. Untuk dicari apa faktor penyebab, berlanjut pemeriksaan menyeluruh pada pasien,  untuk kemudian menjalani terapi.

“Tentunya ada beberapa faktor sebagai  penyebab terhadap reproduksi pada pria. Kalau sebab masalah mental dan sosial, itu kembali pada diri orang tersebut.  Namun yang perlu diwaspadai adalah bahaya lingkungan kerja terhadap kesehatan yang mengganggu sistem reproduksi pria,” ujar Dr. Dr. Kasyunnil Kamal.

Maka, sebaiknya memang ketahui dan waspadai pekerjaan apa saja yang bisa berdampak pada infertilitas pada pria. [WatRoeslan/Andriza Hamzah] Foto : Andriza Hmz

Check Also

Wajah & Kulit Tubuh Terawat Nan Aduhai

Bagi sebagian wanita, memiliki tubuh yang sehat,  wajah  pun cerah, ditunjang kulit bening, tentulah bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *