Pesta 12 Desainer Interior Indonesia

Hotel Number 12

ME ASIA | 15 September 2016, Menikmati hidangan makanan dan minuman pilihan di pusat belanja eksklusif di kawasan Jakarta Selatan, diwarnai berbelanja kebutuhan sehari-hari, atau membeli peranti penunjang penampilan,  terasa memukau dalam suasana ‘hotel’. Itulah yang dihadirkan dari hasil kolaborasi ikonis persembahan karya dua belas Desainer Interior Indonesia, ID12, dengan Senayan City, yang didukung   Moie, Taco, Citatah, Amethyst, Blackwood, Elite, Forme, Java Chic, Gita Laras, The Leonardi, Chossy Latu, hingga Yongky Komaladi, sebagai penyedia produk furnitur dan interiornya..

foto-bg-1-b

Bagi Senayan City sendiri perhelatan megah bertajuk “The Colours of Indonesia 2016 : Hotel No. 12”, yang berlangsung selama 10 hari dari tanggal 15 September hingga 25 September 2016, ini  adalah perhelatan keduakalinya,  yang  sekaligus dalam rangka menyongsong rangkaian acara “Senayan City Iconic 20 Years” yang jatuh pada tanggl 21 September.

Daya tarik dari acara ini terasa dari awal memasukki area pameran. Pengunjung dapat melihat, sekaligus menikmati sebuah mock-up  hotel dalam ukuran sesungguhnya — mulai dari ruang floris, ruang relaksasi, kamar tidur, kafe, reception, restoran, lobi, business lounge, gift shop, suite room — dari karya 12 desainer interior Indonesia.

foto-bg1-c

Mereka adalah : Shirley Gow (Anjani Florist), Joke Roos (Bodhi Relaxation Room), Prasetio Budhi (Anyaman Bedroom), Roland Adam (Tondano Café) Reza Wahyudi (Bugis Business Lounge), Yuni Jie ((The Kawung Main Reception), Sammy Hendramianto (The Songket Boutique), Eko Priharseno (Uma Gift Shop), Vivianne Faye (Powder Room), Anita Boentarman (Sokoguru Bedroom Suite), Agam Riadi (Serumpun Bambu Restaurant), dan Ary Juwono (Jumputan Lobby Lounge).

Ary Juwono, selaku The Chairman  of The Colours of  Indonesia 2016, berujar,”ID12 telah memberikan warna baru dan tawaran terkini dalam menyajikan sebuah pameran. Menampilkan karya kolektif, tanpa kehilangan identitas dan ciri khas gaya personal tiap desainernya. Bahkan, sejak pertama di gelar dua tahun lalu, “The Colours of  Indonesia” , telah menebarkan efek positif, baik kepada masyarakat sebagai sasaran utama pameran dipersembahkan, mau pun terhadap para pendukung, sponsor dan tiap personil ID12 sendiri.”

Ada pun harapan dari kolaborasi ini, seperti  diungkap oleh Veri  Y. Setiady, CEO Senayan,  kiranya dapat menginspirasi  para pengunjung untuk memanfaatkan keaneka-ragaman budaya Indonesia dan mengaplikasikannya ke dalam desain interior mereka.

“Kami juga berharap, program ini akan mendorong program-program lain yang lebih inspiratif dalam  menghargai seni, budaya dan tradisi Indonesia,” Veri Y. Setiady menambahkan. [Andriza Hamzah] Foto  : Tim PR Media alvia indira-gita

Karya Motif Tradisional

Karya Motif Tradisional

foto-bg-2-a

ID12

Tentu menjadi  satu hal yang menganggumkan dan luar biasa, 12 orang dengan profesi yang sama, desainer interior,  — terdiri dari 5 wanita dan 7 pria mulai usia 30 tahun dan 50 tahun lebih,   menunjukkan kemampuan yang berbeda tetapi dengan satu cita rasa.

Berdasar motif tradisional sebagai benang merahnya, ke-12 desainer interior berpengalaman cukup dan di antaranya pemilik usaha yang bergerak di dunia yang sama,  telah berhasil menelurkan    karya-karya memukau. Terlebih ketika karya-karya mereka   disanding secara bersamaan dalam sebuah perhelatan, dan  itulah yang diperlihatkan oleh ke-12 desainer interior  yang menamakan diri ID12 pada pengunjung di Senayan City Jakarta.

ary-juwono-b2
Ary Juwono

Dari perhelatan ini,  ke-12 desainer interior ini pun sepakat, hasil karyanya kali ini bisa menjadi inspirasi orang banyak dan   warna Indonesia yang memenuhi  pusat perbelanjaan ini bisa menjadi isnpirasi orang banyak.

Seperti diutarakan Ary Juwono, The Chairman of The Colours of Indonesia 2016, di penghujung acara perhelatan, Senayan City Jakarta, bahwa untuk hasilkan karya-karya  yang prima itu diperlukan kolaborasi yang   melibatkan banyak pihak.

Selain itu, dan yang tidak kalah pentingnya, kata Ary Juwono dan juga Prasetio Budhi,”D12 yang terbentuk dari sebuah persahabatan ini, tak bisa dielak bila masing-masing sahabat punya ide yang berbeda satu dan lainnya. Untuk menyatukan ide untuk melahirkan hasil karya yang prima, adalah  bagaimana kita meredam ego. Tentu di sini yang  dibutuhkan masing-masing sahabat menerima masukan dan kritik, untuk mencapai satu tujuan yang sama, yang salah satunya di antaranya adalah dapat memberi contoh pada desainer interior muda usia untuk melakukan hal yang lebih lagi dari yang telah kami jalankan.

Joke Roos,  salah seorang desainer interior dalam D12, mengungkap, persahabatan di antara  mereka yang terajut  bisa berlanjut, , tidak lepas dari masing-masing  tahu menempatkan posisinya, dan memiliki rasa toleransi  cukup besar.

“Di luar profesi dan kegiatan kerja, kami layaknya hubungan sahabat yang suka canda, ngobrol segala hal dan  jalan bareng. Tetapi begitu sudah kembali ke posisi masing-masing sebagai desainer interior, maka  kami kerja secara profesional, dan siap menerima masukan mau pun kritik. Dari hubungan yang diawali dari persahabatan, berlanjut ke pekerjaan,  ini adalah tujuan kami  ingin mengedukasi desainer interior muda usia agar lebih punya wawasan dan tergelitik untuk berkarya yang baik,” sambung Joke Roos.

Tak kurang, Veri Y. Setiady, CEO Senayan City dibuat terkagum oleh kiprah dari 12 orang sahabat ini.  Katanya,”Basic dari persahabatan itu  bukan hal yang mudah  bila berangkat dari satu profesi. Tapi teman-teman berprofesi desain interior ini luar biasa. Di acara ini, mereka menerima tantangan dalam membuat desain hotel. Terima kasih effortnya”.

img_1364
img_1362
img_1331

 

Senada dengan yang diucapkan Michael S dari MOIE dan Joko Tanoyo dari Taco.  “Hubungan kami dengan ID12 juga seperti sahabat. Itu yang membuat hubungan kerjasama yang terjalin terus berkelanjutan.  Masing-masing pihak menyadari bahwa di antara kami saling membutuhkan.” [Andriza Hamzah] Foto  : Tim PR Media alvia indira-gita

Check Also

Tabur Bintang Di “Bunga Penutup Abad”

18 April 2018 @Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia – Jakarta Diperuntukkan bagi penikmat seni, pameran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *