Menelusuri Taman Batu

Stone Garden tak dipenuhi bunga-bunga yang indah. Tapi dipenuhi hamparan batu yang berserakan dan di bawahnya terdapat jurang yang memancarkan pesona.

Hamparan tanah diisi oleh formasi batuan tak beraturan yang indah dan membentuk taman alam yang sangat memesona. Stone Garden atau taman batu alami ini terletak di puncak gunung,  tepatnya berada di atas Goa Pawon yang terdapat fosil manusia purba. Alamat lengkapnya adalah di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

stoen-garden-3Dengan ketinggian puncak 907 meter di atas permukaan laut, perlu kondisi prima untuk bisa mendaki puncak bukit ini. Karena rute yang dilalui cukup terjal dan menanjak  hingga sejauh 1,5 km. Stone Garden berada di atas seluas 2 hektar.

Perjalanan ke Stone Garden cukup menyenangkan. Kita akan disuguhi batu-batu alami yang berjajar tak beraturan, pesona alam ini pun tampak sangat luar biasa. Selain itu, kita juga bisa diberi panorama indah alam dengan pemandangan gunung yang ada di sekeliling bukit tersebut. Saat hari mulai senja, matahari pun terlihat temaram di ufuk barat.

Meskipun objek wisata ini belum banyak diketahui oleh wisatawan, namun keindahan dan panorama yang disuguhkan di Stone Garden menambah catatan tempat wisata dengan panorama indah yang ada di Jawa Barat.

Cukup berjalan sekitar 10 menit sudah sampai di puncak Stone Garden. kini fasilitas umum, seperti toilet dan mushola juga sudah tersedia.

Stone Garden dikenalkan melalui media sosial oleh orang-orang yang pertama kali mengunjungi tempat tersebut. Melalui foto-foto diperlihatkan pemandangan menakjubkan di atas puncak gunung masigit. Foto-foto tersebut kemudian mengundang para wisatawan untuk melihat secara langsung bagaimana kawasan berbatu yang ditengarai sudah dibentuk sejak jaman dulu kala.

Menurut masyarakat setempat, area Stone Garden merupakan salah satu tempat di mana ditemukan tulang belulang nenek moyang suku Sunda. Penemuan itu tepatnya berada di Gowa Pawon, tempat orang purba hidup.

stone-garden-2Taman batu alami ini juga menjadi bukti bahwa bumi mengalami perubahan-perubahan yang dapat dibuktikan dan ditelusuri kebenarannya. Begitu juga manusia, mereka berkembang dan berubah-ubah untuk mempertahankan diri.

Selain hamparan batu, yang menarik dari taman batu ini adalah pemandangan bagian bawah. Dari atas Stone Garden kita bisa melihat hampaiarn sawah yang membentang luas. Di pingginya terdapat perkampungan penduduk.

Kita juga dapat melihat aktivitas penambang batu kapur dan pergerakan pabrik-pabri batu kapur yang berada di sekitar Stone Garden. Pekerjaan masyarakat setempat umumnya berprofesi sebagai penambang batu kapur.  Kepulan asap hitam yang berasal dari pabrik kapur menjadi daya tarik tersendiri.

Meski berada di ketinggian, kondisi di Stone Garden cukup panas. Bagi Anda yang sangat peduli dengan indahan kulit Anda, sebaiknya menggunakan baju tangan panjang, dan topi.  Usai mengelilingi Stone Garden. Saat menuju pulang,  sebelum sampai di parkir mobil. Jangan lupa memesan es kalapa muda yang tersedia di berbagai warung di sekitar Stone Garden.

Teks & Foto: Ajo Satria

Check Also

Sensasi Lezat 2 Legenda Kuliner

Tentu, acara  yang berlangsung di Rumah Maroko, Menteng – Jakarta, terasa semakin istimewa, dengan dihadirkannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *