9 Pemenang & Sejarah Baru di MotoGP

2016 akan selalu diingat sebagai salah satu musim paling sengit sepanjang sejarah MotoGP. Dengan masih ada satu balapan tersisa, sudah ada sembilan pebalap berbeda muncul sebagai juara seri.

Jika dibandingkan dengan 2015, drama di atas sirkuit yang terjadi musim ini memang kalah dramatis. Tidak ada perseteruan hebat lagi terjadi antara Valentino Rossi dan Marc Marquez, atau persaingan sampai balapan terakhir antara duo pebalap Yamaha.

Tapi 2016 punya satu keistimewaan jika kita membicarakan mulai meratanya kekuatan tim-tim yang berlaga di kelas rajanya balap motor ini. Marc Marquez memang sudah menjadi juara, yang dia kukuhkan bahkan saat kompetisi masih menyisakan tiga balapan lagi, tapi berimbangnya daya saing tim dan pebalap adalah hal lain yang tak kalah mengasikkan untuk kita tonton.

Untuk kali pertama sepanjang sejarah, musim MotoGP (atau 500cc) menghasilkan sembilan pebalap berbeda sebagai juara. Rider terakhir yang memenangi balapan di musim ini adalah Andrea Dovizioso. Pada balapan di MotoGP Malaysia, penunggang Ducati itu mengalahkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Delapan pebalap lainnya yang juga pernah memenangi balapan musim ini adalah Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Jack Miller, Andrea Iannone, Cal Crutchlow, Maverick Vinales, Dani Pedrosa, dan tentu saja Marc Marquez yang merupakan juara dunia musim ini.

Marquez meraih lima kemenangan di Argentina, Amerika Serikat, Jerman, Aragon dan Jepang. Rossi meraih dua kemenangan di Jerez dan Katalunya, sementara Lorenzo mengoleksi tiga kemenangan di Qatar, Prancis, dan Italia. Rider asal Inggris, Cal Crutchlow, punya dua titel yang didapat di Republik Ceko dan Australia.

Sedangkan pebalap muda penuh potensi, Maverick Vinales, berjaya di Inggris. Dani Pedrosa berkuasa di San Marino, Jack Miller jadi kampiun di Belanda, dan terakhir Andrea Iannone yang merebut podium teratas di Austria.

Rekor jumlah pemenang terbanyak dalam satu musim sebelumnya terjadi di 2000. Ketika itu ada delapan pebalap berbeda jadi juara (saat masih bernama 500cc). Mereka adah Kenny Roberts Jnr, Garry McCoy, Valentino Rossi, Max Biaggi, Alex Barros, Alex Criville, Loris Capirossi dan Norick Abe.

Masih ada satu balapan musim ini yang digelar di Valencia. Akankah muncul pemenang ke-10 di sana?

[]Dino

Check Also

Tiket Menuju Turnamen Basket “Dunia”

Kembali hadir. Turnamen Red Bull Reign Indonesia. Tentu sangat menggetarkan dari penyelenggaraan turnamen basket ini. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *