Motorsports: FIA Formula One World Championship 2012, Grand Prix of China, #8 Nico Rosberg (GER, Mercedes AMG Petronas F1 Team), *** Local Caption *** +++ www.hoch-zwei.net +++ copyright: HOCH ZWEI +++

Auf Wiedersehen,Nico Rosberg

Menjadi juara dunia adalah target terbesar Nico Rosberg sejak dia masih sangat belia. Tapi karena keluarga tetap jadi yang utama, Rosberg memilih pensiun lima hari setelah dia menjadi raja di balapan F1 2016.

 

Rosberg di akhir pekan lalu membuat pernyataan mengejutkan melalui akun Facebook pribadinya. Pebalap 31 tahun itu menyatakan menyudahi kariernya di dunia balap Formula 1. Awalnya tidak ada yang percaya dengan kabar tersebut karena baru lima hari sebelumnya dia mengukuhkan diri sebagai juara dunia F1 musim 2016.

Tapi pernyataan pensiun dini Rosberg itu tentu bukan hoax atau gurauan. Driver asal Jerman itu mengaku sudah memikirkan rencana pensiun sejak beberapa bulan lalu. Sampai dia akhirnya dia punya pikiran bulan untuk meneruskan niatnya itu setelah menjalani balapan pamungkas di Abu Dhabi, balapan yang memastikan dirinya meraih gelar juara dunia yang pertama.

“Saya tidak bisa menemukan kata terimakasih yang cukup pada istriku Vivian; dia selalu luar biasa. Dia memahami kalau tahun ini adalah tahun besar, kesempatan kami untuk meraihnya, dan dia memberikan ruang pada saya untuk memulihkan diri setiap habis balapan, menjaga dua anak perempuan kami setiap malam, mengambil alih saat kondisinya menjadi berat dan mendahulukan kejuaraan ini (F1).”

“Saat saya memenangi balapan di Suzuka, saat di mana takdir juara ada di tangan saya sendiri, tekanan besar itu mulai datang dan saya mulai berpikir untuk menyudahi karier membalap saya jika saya menjadi juara dunia,” demikian kutipan pernyataan Rosberg.

Pada balapan terakhirnya, Rosberg finis di posisi dua di belakang Lewis Hamilton. Namun hasil itu sudah cukup untuk memberinya titel juara dunia F1 2016. Keberhasilan jadi juara dunia meninggalkan banyak kesan mendalam buat Rosberg, salah satuya adalah karena ini merupakan titel juara dunia F1 pertama dia, yang didapat di usianya yang sudah 31 tahun.

Yang tak kalah penting, dia berhasil meneruskan sukses ayahnya, Keke Rosberg, yang pada 1982 juga menjadi juara dunia F1.

“Saya mengambil keputusan ini pada Senin malam. Setelah berkaca selama sehari, orang pertama yang saya beri tahu adalah Vivian dan Georg (Nolte, anggota manajemen tim Rosberg), lalu kemudian Toto (Wolff, bos tim Marcedes).”

“Satu-satunya hal yang membuat keputusan ini menjadi sangat sulit buat saya adalah karena saya menempatkan keluarga balap saya dalam posisi yang sulit. Tapi Toto bisa memahami. Dia langsung tahu kalau saya sudah sepenuhnya yakin dan hal itu menenangkan saya. Capaian paling membanggakan buat saya di balapan adalah telah memenangi gelar juara dunia bersama tim yang terdiri dari orang-orang luar biasa, The Silver Arrows,” lanjut Rosberg.

Karier Rosberg di balapan F1 dimulai pada tahun 2005 bersama BMW Williams F1 Team. Dia kemudian menyeberang ke Mercedes GP Petronas F1 Team di tahun 2010 dan bertahan hingga memutuskan pensiun. Sepanjang kariernya, Rosberg tampil di 216 balapan. Dia meraih 23 kemenangan, 57 kali naik podium, mendapat 30 pole position, serta mencatatkan 20 fastest lap.

Dalam tiga tahun ke belakang dia selalu terlibat persaingan sengit dengan Hamilton dalam persaingan menjadi juara dunia. Setelah selalu kalah di dua musim pertama, dia akhirnya jadi pemenang di tahun ini. Namun kemudian memilih pensiun usai meraihnya.

Auf Wiedersehen (selamat tinggal), Nico Rosberg

[]Dino

Check Also

Darius Sinathrya : Tubuh Prima Menjerat Perhatian

Partisipasi Nivea Men bagi kelahiran gernerasi baru dunia olahraga sepak bola, termasuk di sana juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *