Kejutan Kesehatan Masyarakat Indonesia

Tak lepas dari menjalani gaya hidup yang tidak benar, di antaranya konsumsi makanan tidak sehat, sangat kurang berolah-raga, dan aktivitas berlebihan, membuat kesehatan tubuh menjadi tidak prima.

Kiranya seperti itulah kondisi kesehatan masayarakat di kawasan Asia. Seperti yang  tergambar pada  Indeks Kesehatan terbaru yang dirilis oleh Sun Life Financial Asia, bahwa tingkat kepuasan terhadap kondisi kesehatan masyarakat di kawasan Asia merosot ke angka terendah. Hanya 60% dari responden di Asia yang menyatakan puas dengan kondisi kesehatan mereka secara keseluruhan. Angka tersebut dinilai menurun dari angka 65% di tahun 2015.

Bagaimana Indonesia ?

Kiranya tercatat sebagai satu-satunya Negara yang tidak mengalami penurunan pada Indeks Kesehatan terbaru ini, bahkan justru mengalami peningkatan meskipun tidak signifikan.

Sun Life 1
Kiri ke Kanan: dr. Rachmad Wisnu Hidayat, SpOK, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga – Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia – Aline Adita, Model, Presenter

Bahkan, angka persentase untuk responden Indonesia terbilang paling baik dibandingkan dengan angka rata-rata responden di Negara-Negara Asia. Sebanyak 62% responden dari Indonesia menyatakan bahwa mereka merasa lebih sehat dari kondisi 3 tahun yang lalu. Angka ini tertinggi di kawasan Asia. Hanya 21% responden Indonesia yang merasa menurun kesehatannya dibandingkan dengan 3 tahun lalu.

‘Kurangnya berolahraga’ menjadi salah satu alasan yang paling sering diungkapkan.  Dan ketika diminta untuk menyebutkan faktor-faktor yang dapat menghambat terwujudnya kehidupan yang lebih sehat, responden Indonesia menyebutkan tiga hal yang menjadi kendala utama mereka, yakni berkurangnya waktu akibat tuntutan pekerjaan (44%), distraksi (36%) dan besarnya biaya yang harus dialokasikan guna mewujudkan kehidupan yang lebih sehat (35%).

“Dari hasil survei ini menunjukkan tumbuhnya kesadaran masyarakat Asia, termasuk Indonesia, akan kesehatan diri dan perjuangan yang mereka hadapi dalam memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan dalam menjalani kehidupan modern di masa kini,” tutur Shierly Ge, Chief Marketing Officer, Sun Life Financial Indonesia.

Karenanya, lanjut Shierly Ge, Sun Life berkomitmen untuk menyediakan solusi asuransi dan investasi yang membangun masyarakat agar lebih kuat, sehat dan aman dan terlindungi secara finansial.

 

[]Andriza Hamzah

Foto : Java PR

Check Also

“Melangkah Ke Baitullah” Bersama Yoforia Yogurt

Menandai sekaligus memperingati 1 tahun kehadirannya  di Indonesia, tepatnya pada bulan Mei 2018,  beriring mencapai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *