Bantu Anak Penderita Kanker, Melalui Alfacart

Melihat catatan yang disampaikan  Ketua Childhood Cancer International (CCI), Carmen Auste, bahwa di dunia saat ini setiap 3 menit 1 anak di diagnosa kanker,  — 20 anak setiap jam, dan 480 anak setiap harinya –, tak pelak, salah satu penyakit yang menakutkan adalah kanker. 

Maka rasa takut dan cemas luar biasa pun  mendera —  terutama —  pada orangtua juga keluarga — ketika mendapati salah seorang anaknya terkena penyakit kanker.

Mengenai kanker pada anak, seperti disampaikan oleh Ira Soelistyo, Ketua/Pendiri YKAKI (Yayasan Kasih anak Kanker Indonesa), merupakan hal yang cukup kompleks karena melibatkan banyak pihak selain orangtua, juga keluarga dan sekolah. Lingkungan pun ikut menentukan.

Belum lagi keterbatasan fasilitas pengobatan/perawatan, yang saat ini belum semua rumah sakit pemerintah dapat menanganinya. Walau pun  pengobatan/perawatannya saat ini sudah didukung oleh JKN/BPJS.

Dari sebab-sebab itu, dan terkait berkeinginan membantu meringankan beban orangtua yang memiliki anak penderita kanker, YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) hadir. Kehadiran YKAKI dengan menyediakan akomodasi/rumah singgah serta sarana pendidikan bagi anak-anak yang sedang dalam perawatan/pengobatan.

“Tujuan dari kehadiran YKAKI untuk membantu anak kanker dalam keseharian. Karena itu dukungan banyak pihak tentu sangat kami harapkan agar kita dapat membantu anak-anak yang sedang  melawan kanker untuk mencapai kesembuhan, dan meraih impian mereka,” ujar Lia Soelistyo.

DSCN0122
(Ki-Ka) Haryo Suryo Putro, Chief Marketign Officer, Alfacart.com Astrid Wen Psikolog anak dan Ira Soelistyo, Ketua/Pendiri YKAKI

Salah satu pihak yang menaruh perhatian dan memberi dukungan untuk membantu anak kanker yang sedang melawan kanker untuk mencapai kesembuhan, adalah  Alfacart.com. Pelaku bisnis e-Dagang terkemuka dengan jaringan O2O terbesar di Indonesia, ini kembali menggelar program kepeduliannya #AlfacartBerdedikasi.

Melalui program ini, Alfacart.com akan mendonasikan Rp.1000,- dari setiap transaksi pembelanjaan produk-produk kesehatan, dari perlengkapan olahraga hingga makanan dan buah-buahan segar yang dilakukan pelanggan dari tanggal 17 hingga tanggal 19 Februari 2017. Yang tanpa membebani konsumen. Dari jumlah keseluruhan  disumbangkan untuk upaya penyembuhan anak-anak penderita kanker melalui YKAKI.

Atas  program #AlfacartBerdedikasi, ini Haryo Suryo, Chief Marketing Officer, Alfacart.com, di acara temu media yang berlangsung di Jakarta, mengatakan, selain dukungan dalam bentuk dana, Alfacart.com juga akan melibatkan karyawannya dalam kegiatan interaktif bersama anak-anak penderita kanker, seperti kegiatan mendongeng dan kegiatan lainnya yang menyentuh aspek emosi dan psikologi anak-anak tersebut. 

“Dukungan penderita bukan  pengobatan secara fisik saja, lebih dari itu, mereka butuh perhatian,  berupa  dukungan moral. Jadi bukan nilai uang saja yang bermanfaat tetapi awareness sehingga bisa menyembuhkan anak dari derita kanker,” tambah Haryo Suryo.

Dukungan Alfacrt.com, yang khususnya dukungan emosional dan psikologis, ditanggapi positif oleh Psikolog  anak, Astrid Wen, yang hadir di acara. Katanya,”Anak kanker rentan depresi.  Karenanya sangat diperlukan dukungan emosional, untuk  menurunkan perasaan stres dan mengurangi kecemasan. Dengan begitu anak mendapat ketenangan sehingga berpotensi untuk meninngkatkan daya juang dan kemampuan beradaptasi dengan kondisi yang dialaminya. Lain dari itu yang tak kalah penting adalah anak kanker  harus diberi kegiatan positif untuk mendukung jiwanya.”

[]Andriza Hamzah

Check Also

Kota Jambi Hadirkan Gerai Canon

Daerah di Tanah Air yang menyimpan potensi wisata  menarik, dan  menebar  keindahan alam, tidak terkesampingkan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *