Norton Wi-Fi Privacy Hentikan Hacker

Terhitung, hanya lebih dari satu dari tiga (36 persen) konsumen yang terbiasa menggunakan sebuah Virtual Private Network (VPN) saat terhubung dengan sebuah jaringan Wi-Fi, tak pelak,  Hacker menyadap dan meretas informasi konsumen pada jaringan-jaringan wireless yang tidak aman.

Nick SavvidesYang menyebabkan orang menjadi sasaran empuk bagi para hacker adalah ketidakpahaman mengenai keamanan jaringan-jaringan Wi-Fi publik. Sebagian besar orang menganggap bahwa semua jaringan Wi-Fi yang tersedia di fasilitas-fasilitas umum, seperti, bandara, hotel, dan kafe memiliki keamanan built-in. Hal tersebut tidaklah selalu benar.

Karena kenyataannya, ketika para konsumen log in pada jaringan yang tidak aman, hacker dapat mencuri informasi saat informasi tersebut menjelajahi dunia maya, kemudian menjual informasi tersebut di pasar gelap untuk mendapatkan keuntungan atau bahkan menggunakan informasi tersebut untuk menguras akun bank konsumen.

Membantu melindungi informasi konsumen dari intaian hacker pada jaringan wireless (Wi-Fi) yang tidak aman itu Norton by Symantec (NASDAQ: SYMC)  menghadirkan  Norton Wi-Fi Privacy di Indonesia. Merupakan  sebuah solusi ponsel yang canggih, namun juga mudah digunakan.

Kiranya, diluncurkannya perangkat ini  ini tak lepas dari, berdasarkan Norton Cyber Security Insights Report tahun 2016[1], lebih dari dua orang Indonesia (26 persen) mengakui bahwa mereka terbiasa menggunakan jaringan Wi-Fi publik, dan secara umum, 77 persen orang Indonesia mengatakan bahwa Wi-Fi publik sangat bermanfaat untuk mengecek email, mengirimkan dokumen dan mengakses akun-akun media sosial secara cepat.

Sekalipun sebagian besar orang Indonesia menyadari resiko-resiko menggunakan jaringan Wi-Fi publik, — 62 persen tidak akan memasukkan data keuangan pribadi mereka secara online saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik — namun, 51 persen di antara mereka tidak dapat mengidentifikasi aman tidaknya  jaringan Wi-Fi yang mereka gunakan. Dan hanya 36 persen yang menggunakan sebuah Virtual Private Network (VPN).

Demikian dirincikan Nick Savvides, Security Advocate, Consumer Business Unit, Symantec, di acara peluncuran Norton Wi-Fi Privacy, yang berlangsung di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tambahnya,”Konsumen seringkali terlalu berpuas diri ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, dan meyakini bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi pada mereka. Maka kehadiran Norton Wi-Fi Privacy ini  guna membantu melindungi beragam informasi, seperti password dan nomor kartu kredit, serta mencegah akses bagi para hacker yang mungkin sedang menyadap di jaringan yang sama.”

[]Andriza Hamzah & Febi

student-849825_640Box :
Untuk mengatasi hal tersebut, Norton Wi-Fi Privacy menggunakan Teknologi Enkripsi yang canggih dan mengacak informasi pengguna guna membantu melindungi informasi dan identitas mereka saat sedang online.

Tips Agar Tetap Aman Saat Menggunakan Hotspot Umum

  1. Jangan pernah meninggalkan laptop dan telepon genggam Anda tanpa pengawasan, bahkan hanya untuk sesaat.
  2. Jangan mengatur jaringan wireless Anda untuk secara otomatis terhubung dengan jaringan terdekat. Namun, pilihlah jaringan hotspot secara manual ketika hendak terhubung.
  3. Pastikan Anda mengakses jaringan hostpot yang legal dengan bertanya pada pemilik jaringan (host) untuk mengkonfirmasi nama jaringan dan proses koneksinya.
  4. Matikan fitur berbagi file/file sharing saat Anda menggunakan hotspot, dan usahakan untuk meminimalkan jumlah data pribadi yang sensitif yang disimpan di laptop dan telepon genggam Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur file sharing melalui menu  pengaturan jaringan pada sistem operasi perangkat Anda.
  5. Jangan melakukan transaksi perbankan atau perdagangan secara online saat menggunakan hotspot Lakukan transaksi-transaksi tersebut saat berada dalam lingkungan yang lebih aman dan terkontrol.
  6. Jangan berselancar ke situs-situs yang Anda tidak ingin orang asing ketahui bahwa Anda sedang mengaksesnya.
  7. Saat Anda menggunakan sebuah jaringan hotspot publik, Anda tidak mengetahui infeksi apa yang sedang menjangkit komputer-komputer lain yang juga sedang terhubung di jaringan itu, atau mengetahui keberadaan hacker yang mungkin sedang mengintai di jaringan
  8. Ambillah keputusan berkomputasi yang bijaksana. Selalu hindari menggunakan hotspot untuk melakukan segala jenis komunikasi atau transaksi yang penting.

[]Andriza Hamzah & Febi

Check Also

Smartphone ‘Milenial’ Yang Sulit Ditolak

Terbilang,  kehadiran varian baru dari smartphone dual camera yang penuh gaya dan memberikan value yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *