Kelezatan 70 Kuliner Otentik, Dari Barat Hingga Timur Nusantara

Beragam acara membuat meriahnya acara   Festival Jajanan Bango 2017 (FJB ) yang digelar Kecap Bango.  Dan sesuai dengan tema, “Rasa Sepanjang Masa”,  festival ini  kembali menghadirkan sederetan legenda kuliner Nusantara. Yang adalah  ikon-ikon kuliner yang telah lama menggeluti dan melestarikan kuliner otentik mereka dari generasi ke generasi sehingga selalu dicintai dan bertahan menembus zaman.

Salah satunya adalah Senen Riyanto, pendiri Warung Tongseng & Sate Sederhana Pak Budi yang kelezatannya begitu melegenda dari  awal dirintis tahun 1985, hingga sekarang.  Bertahannya usaha kuliner, tak lepas  Pak Senen selalu mengedepankan kualitas bahan dan bumbu terbaik dalam setiap hidangan yang ia sajikan.

Selain sederetan legenda kuliner, hadir pula 10 start-up kuliner pilihan lebih dari 14.000 pencinta kuliner dari seluruh Indonesia untuk mewakili generasi muda penerus tongkat estafet pelestarian warisan kuliner Nusantara. Contohnya Achmad Maemun, pendiri Sate Beureum Mang Soleh, Bogor.

Hal ini tercermin dari prinsip unik yang selalu ia pegang, yaitu ‘Berani Enak dan Berani Murah’, sehingga hingga saat ini warungnya tetap dicintai oleh para pelanggannya.

Selain itu, salah satu highlight dari FJB 2017 adalah area Jejak Kuliner Nusantara. Di area yang dikurasi langsung oleh JJ Rizal selaku sejarawan ternama ini, para pencinta kuliner bisa mendapatkan pengetahuan lebih luas mengenai kekayaan sejarah warisan kuliner Nusantara melalui berbagai instalasi dan aktivitas yang interaktif.

Lalu, sebagai ciri khas FJB dari tahun ke tahun, Bango juga  menghadirkan area Kampung Bango untuk memperlihatkan ketulusan Bango dalam menjaga kualitas produknya. Sejumlah acara menarik pun tidak luput dipersiapkan untuk memeriahkan FJB 2017, diantaranya suguhan musik yang kental dengan warna tradisional, demo masak, dan banyak lainnya.

 

[]Andriza Hamzah

Foto : Febi

Check Also

FJB 2017 : Cetar Rasa Sepanjang Masa

Merupakan misi dan komitmen  sosial untuk melestarikan warisan kuliner Nusantara, di tahun ini Kecap Bango …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *