Musisi Indonesia, Bersiaplah Diburu RBMA!

Jakarta, 28 Juli 2017 @Silver Screen, QueensheadKemang

Kabar memikat dan menggetarkan satu ini layak segera diketahui Musisi Indonesia. “Red Bull Music Academy (RBMA), yang didirikan oleh Red Bull pada tahun 1988,  merupakan sebuah  rangkaian lokakarya dan festival musik dunia yang menyambangi berbagai kota di dunia, ini  akhirnya menorehkan Indonesia ke dalam petanya untuk pertama kalinya.

Kehadiran RBMA  di Indonesia, siap  memburu musisi Indonesia, untuk dipilih yang terbaik, yang kemudian akan diterbangkan ke Ibukota Jerman,  dan  bergabung di perayaan ulang tahun Red Bull Music Academy  ke-20, pada tahun 2018 mendatang.

Untuk itu,  edisi RBMA di Indonesia, serangkaian program acara siap digelar mulai  tanggal 28 dan 29 Juli 2017.  Program yang dikenal dengan istilah Session,  ini  menampilkan berbagai elemen-elemen menarik dan begitu istimewanya, seperti seminar dan lokarya. Tujuannya untuk  dapat saling menginspirasi dan membantu mengarahkan musisi Indonesia yang tertarik untuk mengikuti Red Bull Music Academy 2018,  melalui proses pendaftaran. 

Session  pertama yang digelar pada tanggal 28 Juli 2017, bertempat di Queens Head, Kemang, diawali dengan berbagi ilmu dan pengetahuan tentang musik serta pengalaman ketika mengikuti Red Bull Music Academy, dari dua musisi. Adalah Patrice Bäumel, musisi dan alumnus Red Bull Music Academy di Sao Paulo tahun 2002,  yang  akan duduk bersama Hogi Wirjono, musisi berpengaruh di dalam dunia musik elektronik Tanah Airt .

“Saya sangat antusias dalam membagikan bagaimana proses kreatif saya dalam membuat musik,” kata Bäumel.

Lanjutnya,“Saya percaya banyak musisi berbakat di Indonesia dari keberagaman budaya dan sukunya. Dengan pola pikir dan etos kerja yang tepat, mereka akan mempunyai kesempatan membuat kejutan dalam dunia musik global. Akademi ini adalah tempat yang sangat tepat, dimana mereka akan mendapatkan semua pengetahuan bermusik. Saya juga yakin program ini dapat membantu mengangkat karir mereka di musik.”   

Pada tanggal 28 Juli 2017 juga, Akademi akan menampilkan acara klub malam di Club Jenja, Jakarta. Di sana,  Bäumel akan bermain bersama DJ lokal Angga dan Indra7. Kemudian pada tanggal 29 Juli 2017, Akademi akan berangkat ke Bali, dan kali ini Bäumel akan tampil pada perayaan ulang tahun Club Jenja Bali yang ke-3. 

Kehadiran RBMA di Tanah Air, oleh Hogi  Wirjono sangat disambut gembira. Katanya,”Saya telah mengikuti Red Bull Music Academy ini sejak lama. Karenanya, gembira sekali ketika akhirnya ada disini. Menurut saya, musisi Tanah Air akan mendapatkan manfaat yang besar dari pengalaman bersama Akademi ini.” 

Hogi menambahkan,”Daya tarik dari RBMA,  untuk menjadi lulusan dari Akademi ini akan mendunia, yang berarti akan bertemu dan berbagi pengetahuan musik dengan beragam orang dari berbagai Negara. Lebih dari itu, untuk mencapai kesemua itu tidak menelan waktu yang lama.”

Adapun program RBMA di Tanah Air, pada tanggal 28 Juli 2017 juga, Akademi akan menampilkan acara klub malam di Club Jenja, Jakarta dimana Bäumel akan bermain bersama DJ lokal Angga dan Indra7. Kemudian pada tanggal 29 Juli 2017, Akademi akan berangkat ke Bali, dan  Bäumel akan tampil pada perayaan ulang tahun Club Jenja Bali yang ke-3. 

Tahun depan, Red Bull Music Academy akan menyelenggarakan edisi berikutnya dari rangkaian lokakarya dan festival musik yang berlangsung selama satu bulan ini di Berlin dari tanggal 8 September 2018 sampai dengan 12 Oktober 2018.

Setelah berkeliling kota-kota di dunia seperti Tokyo, New York, Melbourne, Cape Town, Paris, Sao Paulo dan Montreal, Akademi akhirnya kembali ke tempat asal dimulainya pada tahun 1998 untuk merayakan ulang tahun ke-20 nya di Berlin. Bersama dengan musisi dari seluruh dunia, para musisi dari Indonesia diundang untuk mendaftarkan diri ke Red Bull Music Academy tahun 2018,

Dan, peluang besar menanti  Musisi Indonesia. Bersegara melakukan pendaftaran  yang dimulai dari sekarang sampai tanggal 4 September 2017, adalah  keputusan tepat. Apalagi, para peserta tidak dibebani biaya.         Formulir pendaftaran bisa diunduh dari website Akademi, dan harus diserahkan sebelum tanggal 4 September 2017. Setiap pendaftar juga harus menyerahkan demo musik dengan durasi tidak lebih dari 30 menit. Ini semua dapat diunggah ke berlin.redbullmusicacademy. com/ atau dikirim melalui CD via pos.

Juri Red Bull Music Academy akan mengumumkan pendaftar yang terpilih di awal tahun 2018. Untuk informasi lebih lanjut pendaftaran dapat dilihat di berlin.redbullmusicacademy. com/

 

[]Andriza Hamzah

Foto  : ePR & Aha,

Check Also

Tabur Bintang Di “Bunga Penutup Abad”

18 April 2018 @Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia – Jakarta Diperuntukkan bagi penikmat seni, pameran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *