Melawai Bike Week : ‘Kirab 1000 Bendera’

Indah,  menawan dan ada keunikan dari  yang dilakukan oleh  sejumlah komunitas roda dua di wilayah Jakarta Selatan dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun : melalui acara bertajuk ‘Melawai Bike Week’, digelar  ‘Kirab 1000 Bendera’.

Maka pada tanggal 19 Agustus 2017 lalu, terlihat ada yang berbeda di kisaran wilayah Jakarta Selatan. Tepatnya, kawasan strategis Jalan Melawai Raya,  — yang di  era 80an begitu populernya, karena merupakan tempat berkumpulmnya anak muda dan lintas komunitas pecinta  otomotif — , sejak jam 19.00, pun  berubah bagai penyelenggaraan ‘pesta’.

Acara  ‘Kirab 1000 Bendera’ diajang bertajuk ‘Melawai Bike Week’ yang didukung oleh Bank BJB, bertema Respect Diversity ini merupakan  ajang berkumpulnya para komunitas roda dua atau yang biasa disebut bike week yang dibuat mewakili citra atau keunikan di tempat berlangsungnya acara.

Adapun kegiatannya, berkeliling kota secara bersama-sama, selain menumbuhkan semangat persaudaraan dan juga ada kenikmatan tersendiri saat riding bersama-sama dengan membawa bendera merah putih. Ini merupakan salah satu momen untuk para bikers menunjukkan rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 Dari  kegiatan yang menginspirasi lahirnya Melawai Bike Week, ini  diharapkan dapat menghidupkan kembali romantisme Lintas Melawai yang legendaris. Tidak hanya itu, tetapi juga diharapkan dapat memupuk rasa persaudaraan antar komunitas penikmat sepeda motor agar dapat terus tumbuh dengan sehat, serta mengambil peran secara aktif dalam menumbuh kembangkan sektor pariwisata.

Demikian dituturkan  oleh President BMW Motorrad Kirab 1000 Bendera, Alfin Mulia Rahman selaku panitia penyelenggara Ajang ‘Kirab 1000 Bendera.

Tambahnya,”Ajang Melawai Bike Week diadakan di Indonesia selain hobi, juga diperuntukkan untuk meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan Negara. Diharapkan dengan kegiatan bergengsi ini mampu meningkatkan solidaritas dan menunjukkan bila bikers Indonesia juga punya rasa nasionalisme dan patriotisme.”

Sementara,  H. Tri Kurniadi, DAH, M.Si, Walikota Administrif Jakarta Selatan, mengatakan bahwa Ajang ‘Kirab 1000 Bendera’ di acara  bergengsi Melawai Bike Week merupakan kegiatan awal menuju Asian Games 2018 mendatang untuk pemilihan Melawai sebagai lokasi acara.

“Ini tidak terlepas,  Blok M kedepannya akan menjadi destinasi unggulan di Selatan Jakarta sehingga dengan adanya event ini akan semakin mengangkat Blok M sebagai wilayah yang strategis di Jakarta Selatan,” Tri Kurniadi menerangkan.

Menariknya.  Melawai Bike Week kali ini mempunyai ciri khas yang belum pernah ada sebelumnya yaitu crossover dari penampilan budaya mancanegara dengan beragam budaya Indonesia. Sehingga,  dalam kegiatan ini selain menampilkan musik rock n roll juga akan ada pagelaran kesenian seperti tari saman, jaipong, musik calung hingga pertunjukkan debus, ondel-ondel, dan sebagainya.

Lantas  di belakang panggung akan banyak booth dan tidak ketinggalan show off bike dari builder-builder kebanggaan Indonesia.

Dan puncak dari Melawai Bike Week adalah para bikers dengan menyalakan lilin akan mengadakan renungan merah putih dan doa bersama dan tepat pukul 24.00WIB. Kegiatan ini akan diakhiri dengan Kirab 1000 Bendera menuju Kota Tua dan kembali finish di jalan Melawai Raya.

Sebagian dari hasil kegiatan ini, akan disumbangkan kepada para veteran pejuang kemerdekaan.

[]Andriza Hamzah

Bahan Tulisan & Foto : ePR

Check Also

Buka Puasa Lenovo MBG & Jurnalis

Kesuksesan Lenovo MBG (Lenovo  Business Group) di Indonesia,  baik di level regional maupun global,  juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *