’Santap Mantap Day’, Indonesia Kaya

(Ki-ka) Arie Parikesit, pakar kuliner – Mpok Yuli, penerus usaha RM Sayur Asem Betawi H. Masa – Darwan, Citra Anugerah Jaya – tim penyelenggara

Tahun ini, diselenggarakannya kembali acara bertajuk ’Santap Mantap Day’, memanglah tak lepas dari, betapa Indonesia kaya akan keberagaman kuliner Nusantara.

Bila penganan Indonesia menjadi bagian penting dari Mahakarya Indonesia,  karena kuliner yang dimiliki tiap daerah di Indonesia sangat beragam, dan sangat dilekati ’aroma’ lokal. Mulai dari orisinalitas bahan, bumbu pada kandungannya, hingga penyajiannya.

Seperti dikatakan oleh Darwan dari Citra Anugerah Jaya sebagai tim penyelenggara ’Mantap Santap Day’ yang berlangsung pada 22 Agustus 2017, di Jakarta,”Melalui gelaran ’Santap Mantap Day’, kami ingin mengapresiasi nilai-nilai luhur jiwa Indonesia,  sebagai bagian dari Mahakarya Indonesia yang sangat berharga dan harus kita jaga dengan sempurna.”

Demikian juga yang disampaikan Arie Parikesit, pakar kuliner yang hadir di acara,”Salah satu bentuk Mahakarya Indonesia yang sangat berharga dan harus kita jaga dengan sempurna adalah kekayaan ragam kuliner Nusantara. Terlebih lagi, banyak nilai-nilai luhur yang patut diteladani dari berbagai pelaku usaha kuliner legendaris, seperti halnya ’Jiwa Indonesia’ yang dipegang teguh ketika menjalankan usahanya tersebut.”

’Santap Mantap Day’ yang merupakan bentuk dukungan terhadap kuliner Nusantara yang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian, menghadirkan gerai hidangan Nusantara. Di antaranya  yang berpartisipasi adalah Rumah Makan Sayur Asem Betawi H. Masa, Pondok Aren. Usaha rumah makan sayur asem ini sangat dikenal dan termasuk salah satu yang legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1980 dan memiliki ciri khas tersendiri.

“Membangun usaha kuliner tidak mudah dan  bisa sukses hingga kini. Dibutuhkan kegigihan seperti yang dimiliki oleh Bapak saya, H. Masa. Beliau juga selalu memastikan hanya menggunakan bahan-bahan yang berkualitas terbaik, termasuk bahan-bahan yang tergolong sudah langka,“ cerita Mpok Yuli, salah satu penerus usaha RM Sayur Asem Betawi H. Masa generasi kedua.

Berbagai keistimewaan rumah makan Sayur Asem Betawi H. Masa inilah yang menjadikannya terpilih sebagai bagian dari gerai hidangan favorit yang diikutsertakan dalam ’Santap Mantap Day’.

”Kami percaya bahwa kesuksesan para pelaku usaha kuliner mahakarya legendaris di Indonesia tidak lepas dari nilai luhur jiwa Indonesia yang mereka jalankan,” kata Darwan.

Gelar ’Santap Mantap Day 2017’, hadir  18 wilayah yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia dan melibatkan 45 gerai hidangan Nusantara. Sembari menikmati santapan yang lezat, para  pengunjung juga bisa berpartisipasi dalam rangkaian aktivitas menarik dan interaktif, seperti Cethe, yaitu kegiatan melukis menggunakan ampas kopi ke batang rokok yang membentuk motif-motif tertentu, seperti batik, sulur, tulisan, sampai tribal.

”Kami pun berharap dengan adanya Santap Mantap Day, para pecinta kuliner dapat semakin mengenal mantapnya citarasa kuliner kebanggaan mereka,” tambah Darwan.

 

[]Andriza Hamzah

Bahan Tulisan & Foto : Alchmey PR

Check Also

‘KOFFIENERY’ : Hadirkan Sensasi Nitro

Koffienery, rasanya bisa menjadi pilihan para eksekutif —  pria  maupun wanita — penyuka dan penikmat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *