‘PANGKAS’ : SERUKAN Edukasi Kesehatan Masyarakat

Lahirnya upaya kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan PT Johnson & Johnson Indonesia dan PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) yang diwujudkan   dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama program edukasi masyarakat,  Panggung Kampung Sehat (PANGKAS),  tidak terkesamping sebab berbagai permasalahan kesehatan masyarakat yang terjadi di DKI Jakarta.

Untuk melaksanakan program edukasi masyarakat untuk waktu selama satu tahun ke depan,  mencakup upaya peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai masalah kesehatan melalui kegiatan edukasi secara berkesinambungan. Adapun penyakit yang akan menjadi fokus dalam kegiatan edukasi antara lain Tuberculosis (TB), HIV/AIDS, Hepatitis, kesehatan jiwa, kesehatan Ibu dan Anak, serta kesehatan gigi dan mulut.

Inipun tak tersisihkan dari sumber data menyebutkan bahwa pada tahun 2016, di Provinsi DKI Jakarta terdapat 10.529 kasus Tuberkulosis (TB) dan Basil Tahan Asam (BTA) positif baru, di mana usia produktif (23 – 44 tahun) menjadi penyumbang kasus terbesar. Untuk kasus HIV, sepanjang 2014-2016, terdapat 16.565 kasus baru; sehingga total kumulatif penderita HIV dari tahun 1987 hingga tahun 2016 berjumlah 45.355 orang.

Mengacu pada data-data di atas, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyadari perlunya upaya yang lebih strategis dan kolaboratif. Tentunya, diharapkan  seluruh pihak masyarakat  terlibat dalam upaya edukasi dan pengendalian penyakit yang terus berkembang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

 Hal ini selaras dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang merupakan gerakan Nasional dalam upaya promotif dan preventif untuk mengajak masyarakat membudayakan hidup sehat.

Djarot Saiful Hidayat, Gubernur DKI Jakarta dalam kata sambutannya di acara Penandatangan Kerjasama yang berlangsung di Balai Kota Jakarta, mengatakan,”Kami menyambut baik pihak swasta, seperti PT Johnson & Johnson Indonesia dan PT Sumber Alfaria Trijaya yang berkomitmen untuk melakukan edukasi kesehatan secara langsung kepada masyarakat agar dapat memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk memelihara kesehatan secara berkesinambungan. Selaras dengan prinsip GERMAS yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, mulai dari individu, keluarga, komunitas, akademisi, dunia usaha, serta Pemerintah, kami berharap kolaborasi ini sekaligus mampu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.”

[]Andriza Hamzah

Bahan Tulisan & Foto : ID.Com

 

Check Also

Wajah & Kulit Tubuh Terawat Nan Aduhai

Bagi sebagian wanita, memiliki tubuh yang sehat,  wajah  pun cerah, ditunjang kulit bening, tentulah bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *