Sensasi Lezat 2 Legenda Kuliner

Tentu, acara  yang berlangsung di Rumah Maroko, Menteng – Jakarta, terasa semakin istimewa, dengan dihadirkannya oleh Bango,  dua dari sosok-sosok legenda kuliner  Nusantara.

Bila kedua legenda kuliner ini di antaranya yang terpilih, dan  ikut memeriahlan gelar acara  “Dapur Lezat Bango” di Hari Raya Idul Adha di Jakarta, karena mereka merupakan para penjaja hidangan kambing favorit yang terkenal akan konsistensinya dalam menjaga kelezatan dan keotentikan hidangan mereka dari waktu ke waktu.

Kedua legenda kuliner tersebut : Rumah Makan Nasi Ulam Ibu Yoyo (Jakarta) yang berdiri sejak tahun 1951, hadirkan salah satu menu unggulan berupa Gorengan Kambing. Berbeda dari namanya, hidangan ini adalah campuran antara gulai dan semur. Disajikan dalam kuah yang lezat dan gurih, dan untuk isiannya  dapat memilih :u daging, jeroan atau campur.

“Rumah makan yang  dibedah oleh Kakek,  sejak awal hingga saat ini, mengedepankan makanan unggulan  berupa nasi ulam kambing yang digulai. Yang membedakan dari sajian makanan kami, diletak di atas penggorengan untuk kemudian disajikan,” ujar Rizal mewakili Rumah Makan Ibu Nasi Ulam Ibu Yoyo – Jakarta.

Legenda kuliner yang kedua adalah Gecok Kambing Mantep Roso (Semarang). Gecok merupakan hidangan otentik khas kecamatan Tuntang, kabupaten Semarang yang  di wilayah ini hadir sejak  tahun 1940an.

Keunikannya makanan, ini ketika disantap, kuahnya terasa sedikit berpasir karena kelapa sangrai yang ditambahkan ke dalamnya.

“Masakah gecok ini adalah masakan kambing dengan bumbu sebanyak 20an macam. Bila usaha ini tetap bertahan dan sudah diteruskan anak cucu pendirinya, termasuk saya, karena Kakek Nenek menerapkan cara berjualan yang konsisten, menjaga mutu dan kualitas makanan. Sudah tentu cita rasa tidak boleh berubah,” kata Indra, mewakili Rumh Makan Gecok Mantep Roso dari Semarang.

“Pada akhirnya, melalui seluruh rangkaian kegiatan ini, Bango berharap kita semua dapat lebih memaknai nilai berbagi di tengah perayaan Idul Adha melalui kelezatan aneka olahan hidangan kambing yang lezat yang otentik,” kata  Kaninia di acara yang dipandu pemmbawa acar Ersa Mayori.

 

[]Andriza Hamzah

Foto : Alchemy PR

 

 

 

 

Check Also

Kehangatan Idul Adha Bersama Bango

Berbagi berkah dan kebersamaan kembali disampaikan oleh Bango, kecap produksi PT Unilever Indonesia, Tbk.  Kegiatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *