My Generasi’ : Keunikan 2 Karakter

Orang tua di waktu sekarang, ini  yang ingin lebih mengetahui dan memahami  realita tentang kehidupan anaknya yang adalah generasi millenilas, secara dekat,    My Generation’, bisa menjadi  sarana media media.

Film garapan Sutradara Upi yang diproduksi IFI Sinema, ini bisa dibilang merupakan potret kehidupan dari remaja milenials. Pada generasi milenials,  memiliki karakter unik tersendiri. Kelahiran generasi ini  tak bisa dimungkiri akibat bergesernya gaya hidup modern akibat era digital.  

Seperti diungkap oleh Upi, sang Sutradara, permasalahan yang dihadapi oleh generasi ini juga cukup komplek dan menarik.

“Karenanya, menurut saya, ini  layak diangkat ke film,” ujar Upi  yang untuk filmnya ini melakukan riset yang intensif, dengan melihat langsung komunikasi yang terjadi pada generasi zaman milenials.

Tambahnya, untuk merampungkan pembuatan film yang menelan waktu selama 1 tahun, bahkan diri  melakukan riset social media listening selama 2 tahun.

“Dari sana, percakapan dan gaya dialog anak milenials saya ambil, untuk kemudian saya masukkan ke dalam  film. Jadi ‘My Generation’ ini dibuat benar-benar sesuai dengan gaya bahasa dan tren anak muda jaman sekarang,”  Jelas Upi. 

Cerita pada film ‘My Generation’,  yang diperkuat  pemain senior berkelas : Tyo Pakusadewo, Ira Wibowo, Surya Saputra, Joko Anwar, Indah Kalalo, Karina Suwaandhi dan Aida Nurmala, sendiri  bercerita tentang persahabatan 4 anak SMU, Zeke , Konji, Suki dan Orl yang diperani 4 tokoh sentral : Bryan Kangelo, Arya Vasco, Alexandra Kosasie dan Lutesha.

Diawali dengan gagalnya mereka pergi liburan. Sebagai akibat,  video yang mereka buat, berisikan protes pada guru, sekolah dan orang tua,  menjadi viral di sekolah mereka.

Bisa diduga akibatnya, keempat   pelajar, ini beroleh hukuman berupa,  tidak boleh pergi liburan.  Menariknya, mereka  tidak menumpahkan rasa kesal dalam bentuk apapun, seperti  mengeluarkan kata yang tidak elok. Malah, sekalipun liburan sekolah yang terkesan tidak istimewa, akhirnya justru membawa mereka pada kejadian-kejadian dan petualangan yang memberi pelajaran sangat berarti dalam kehidupan mereka.

Ke-4 sahabat yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan konflik yang berbeda-beda pula, ini adalah  :

Orly sebagai remaja wanita yang kritis, pintar dan berprinsip, yang sedang dalam masa pemberontakan akan kesetaraan gender dan hal-hal lain yang melabeli kaum wanita. Salah satunya tentang keperawanan.  Orly berusaha mendobrak dan menghancurkan label-label negatif yang sering diberikan kepada perempuan. Di luar itu Orly bermasalah dengan ibunya yang single parent, yang sedang berpacaran dengan pria yang jauh lebih muda. Bagi Orly gaya hidup sang Ibu tidak sesuai dengan umurnya.

Suki remaja wanita  paling cool di antara teman-temannya. Selayaknya anak muda pada umumnya Suki memiliki krisis kepercayaan diri yang berusaha ia sembunyikan.  Tetapi krisis kepercayaan dirinya semakin besar seiring dengan sikap orangtuanya yang selalu berpikiran negatif padanya.

Zeke,  pemuda rebellious tapi juga easy going, dan sangat loyal pada sahabat-sahabatnya. Tapi di balik itu ternyata, ia memendam masalah yang sangat besar dan menyimpan luka yang dalam di hatinya.  Zeke merasa kedua orangtuanya tidak mencintainya dan tidak menginginkan keberadaannya. Untuk menyembuhkan luka yang dipendamnya, Zeke harus berani mengkonfrontasi orangtuanya dan membuka pintu komunikasi yang selama ini terputus di antara mereka.

Konji digambarkan sebagai pemuda polos dan naif, yang tengah mengalami dilema dengan masa pubertasnya. Ia merasa di tekan oleh aturan orangtuanya yang sangat kolot dan over protective. Hingga ada satu peristiwa yang membuatnya shock, yang mengakibatkan kepercayaannya pada orang tuanya hilang. Dari sana Konji balik mempertanyakan moralitas orangtuanya yang sangat kontradiktif dengan semua peraturan yang mereka tuntut terhadap Konji.

[]WatRoeslan

Foto :  ePR

Check Also

Akhir Dari ‘EIFFEL… I’M IN LOVE 2’……………….. ?

Pertama tayang di tahun 2003, ‘Eifel I’m in Love’ produksi Soraya Intercine Films, meraih kesuksesan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *