Tren Warna Interior 2018 : Memberi Kehangatan

Warna, dalam desain interior maupun arsitektur,  tidaklah hanya sebatas memperkuat estetika.  Warna menjadi unsur penting yang selalu menjadi pertimbangan utama dalam menentukan kreatif konsep, tema maupun suasana yang dihadirkan  Lebih dari itu dan tidak kalah pentingnya,  warna dalam desain interior — rumah ataupun tempat bekerja —  memberi pengaruh pada suasana hati.

Karena  begitu berperannya  warna,  tak pelak mendorong munculnya tren warna dalam industri desain global. Kebutuhan akan warna yang dapat memberikan nilai lebih pada sisi estetika sekaligus memberikan kehangatan pada sebuah hunian membentuk sebuah kolaborasi untuk terus menciptakan sesuatu yang baru.

Terkait  soal warna inilah, tahun 2017  ini Kansai Paint, produsen cat  premium, menghadirkan rangkaian tren warna untuk tahun 2018.

Tren warna yang diusung, menggabungkan inspirasi dari berbagai elemen kehidupan.

Kansai paint, premium cat bergaransi,  menghadirkan tren warna tidak lepas dari memahami kecenderungan yang ada dalam tren warna. Lebih dari itu, guna pemenuhan  kebutuhan konsumen. Demikian yang dikatakan  oleh Jemmy Haryono, Brand Manager Kansai Paint di   peluncuran Tren Warna 2018 bertajuk ‘Sentuhan Nuansa Dan Energik”, yang berlangsung di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta.

Tambahnya,”Untuk tahun 2018,  tren warna yang dihadirkan adalah  natural yang netral, namun memberikan suasana hangat dan ekspresif. Tentu,  pilihan warna sesuai passion  karena warna bisa membuat seseorang rileks.  Lebih dari itu yang juga tidak pentingnya, 

Idealnya mengganti warna interior dilakukan secara berkala, dan sesuai kebutuhan dan suasana hati.”

Di acara yang sama, tak kalah menarik,  menghadirkan Kansai Paint Global Color Ambassador, Claire Bond.   Katanya,”Kami ingin mengedepankan warna yang benar-benar mengekspresikan semangat dari sebuah tren, tapi juga sesuatu yang bisa digunakan oleh siapapun.”

Tim Warna Kansai Paint sendiri melihat,, tren yang terjadi dalam industri kreatif,  di tahun 2018  memilih warna Neutral of the Year, yang adalah Amadeus dengan kode Y2-B1-4 dalam sistem warna Inspired Kansai Paint. Merupakan  sapuan warna krem keemasan dengan sedikit karakteristik gelap namun bersahaja.

Rangkaian warna yang disesuaikan dengan keragaman dan keunikan warna dari cita rasa lokal, sehingga dapat disesuaikan dengan selera di setiap negara, termasuk di Indonesia.

Cailer Bond pun menambahkan penjelasan mengenai tren warna, katanya,”Dalam psikologi warna, sentuhan warna  kekuningan memberikan rangsangan sekaligus menghangatkan,  jadi Amadeus bisa menjadi pilihan terbaik untuk ruang sosial seperti ruang keluarga dan dapur.”

Dan bagi masyarat Indonesia, cenderung kaum wanita — baik lajang, terlebih yang telah berpasangan — adalah penentu pilihan warna untuk interior rumah tinggalnya. Demikian menurut pendapat Jemmy Haryono.

“Bukannya kaum pria-nya tidak beroleh kesempatan mementukan pilihan, tetapi hampir semua pria merasa nyaman dengan warna apapun,” katanya.

[]Andriza Hamzah

Foto : Fabulo PR & Aha

 

Check Also

Detak Memikat Arloji Mewah

Bila dibilang waktu adalah uang, rasanya memang tepat. Penunjuk waktu pun, kini bernilainya, dan perlambang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *