IDJC : Mencetak Entertainer Disc Jockey

Merupakan konsep acara milik Persatuan Disc Jockey  Indonesia Pusat Jakarta, ajang kompetisi  disc jockey tingkat Nasional yang dikemas dalam bentuk Indonesia  Disc Jockey Champhionship (IDJC), di penghujung tahun 2017, ini  kembali digelar. Menyusul sukses penyelenggaraan IDJC 2016.

Oleh penyelenggara, berkelanjutannya  acara kompetisi ini diadakan,   dinilai cukup penting. Tak lain untuk dapat mempertahankan konsistensi dalam mengakomodasi potensi DJ berbakat  yang ada di seluruh pelosok Indonesia.  Hal itu, sejalan dengan semakin mantapnya DJ sebagai suatu profesi.

Maka agar dapat  mencapai tujuan dari diselenggarakannya IDJC, yaitu  mencetak DJ  “berkualitas” — berketrampilan prima di bidang seni disc jockey —  penilaian  untuk para peserta  tidak sebatas dari segi teknis, seperti pengetahuan dan penggunaan alat/instrumen serta kecakapan dalam mengelola berbagai lagu. Lebih dari itu, juga  harus memahami segi teknis per-DJ-an yang termasuk di dalamnya adalah instrumen, mixing, komposisi dan beberapa lainnya.

 Yang pada ujungnya,  meningkatkan profesionalisme para DJ Indonesia yang merupakan bagian dari industri kreatif.

Calon peserta — terbuka bagi seluruh  lapisan masyarakat di seluruh Indonesia —  yang merasa memiliki kapabilitas atau kemampuan teknis sebagai DJ dan sekaligus sebagai entertainer, bersiaplah mengikuti kompetisi DJ tingkat Nasional ini.

Penyelenggaraan IDJC 2017, PDJI Pusat pun menunjuk Pengurus Daerah (Pengda) di seluruh Indonesia untuk menyelenggrakan di tiap-tiap Provinsi/Kota.

Dan acara IDJC 2017 tingkat Jawa Barat akan diselenggarakan pada tangga 18 November  (penyisihan) bertempat di Gerobak Ijoel yang terletak di Jalan Gatot Subroto No 316 Bandung. Dan final pada 19 November 2017, yang digelar di Festival Citylink, Jalan Peta  No. 241, Bandung.

Demikian yang diterangkan oleh Ijoel  Dwijanti, SH,  caretaker  PDJI Pengda Jabar, di kantor sekretariat IDJC Jabar,  Jalan Gatot Subroto No. 315, Bandung – Jawa Barat.

Lanjutnya,”Dewan Juri IDJC 2017 tingkat Jabar akan menilai para peserta dalam teknik mixing, kreativitas, pemilihan lagu, dan penampilan.  Untuk itu, dalam IDJC 2017 kami sengaja meminta bantuan dari Juri yang bukan dari kalangan DJ, yaitu artis Vicky Burki dan seorang wartawati,  Milly Malia untuk menilai dari segi penampilan para peserta.”

 Tentu yang tak kalah menariknya, para Juara IDJC 2017 akan mendapatkan uang tunai total sebesar 5 juta rupiah, tiket pesawat ke Singapura, tiket ke Zouk Club Singapore, dan hadiah lainnya dari sponsor.

“Setelah terjaring pemenang, para Juara IDJC Tingkat Jabar, sebanyak 3 besar, akan bertanding lagi di Jakarta pada tanggal 23 November 2017 di Newton Executive Club, Ruko Permata Lokasari Blok B1 Jakarta Barat dan tanggal 24 November 2017 di MUSRO Club Hotel Borobudur, Jakarta,” jelas Ijoel Dwijanti.

Yang tidak kalah memukau, buka cuma memperebutkan uang tunai total senilai 15.5 juta rupiah, tetapi akan menjadi Ambassador PDJ.

 

[]Andriza Hamzah

Bahan tulisan & Foto :  Sekretariat PDJI Pengda Jabar

Check Also

Bangga Profesi Melalui Festival #INIGUE

Tentu, frontliners (in-store promotor, merchandiser dan salesmen/salesgirl), yang merupakan garda depan yang berhubungan langsung dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *