Foto Juara 123 dari LPTB

Perancang Indonesia Meluncur Ke ‘Seoul Fashion Week’

JUARA I # WITA SASIKA GAYATRI

Pada  puncak acara   lomba yang berlangsung pada 15 September 2017 lalu,  di Neo Soho – Jakarta, tiap desainer peserta mempresentasikan satu karya terbaiknya. Dan oleh Dewan Juri, terpilih tiga pemenang 1, 2 dan 3 dari tiap sekolah peserta. Lima pemenang utama yang merupakan juara I dari tiap sekolah peserta berhak diikutsertakan dalam ‘Seoul Fashion Week’.

Tiga pemenang Lomba Rancang Busana — keseluruhan  dari LPTB Susan Budihardjo —  adalah :

Juara I  Wita Sasika Gayatri  (beroleh  hadiah uang sebesar Rp.5.000.000,- dan menjadi peserta ‘Seoul Fashion Week’).  Menciptakan  materi berbahan dasar sutera yang diolah dahulu sebelum dijahit untuk mendekatkan busana ciptaannya pada nelayan dan laut yang menjadi inspirasi.

Wita melakukan teknik pencelupan temuannya sendiri. Bahan sutra direndam dalam air, diperas, lalu dijemur di panas matahari hingga saat kering terbentuk kerut-kerut berbiku-biku (wrinke pleats) semi permanen. Untuk meraih kesan basah pada rok, Wita menggunakan bantuan cat akrilik yang disapukan di atas bahan sutera, lalu dijahit dengan bentuk menyerupai balon.

Juara II # ANDRI SUTAMI

Juara II  Andri SutamiJuara III Bianca Evangela (beroleh  hadiah uang tunai sebesar Rp.4.000.000), menjadikan peristiwa Jakarta banjir saat musim penghujan sebagai inspirasi untuk menuangkan ke dalam karyanya dalam baju tiga potong; celana-korset-jaket, dalam gaya kasual.

Ujung potongan celana dibiarkan berjumbai tidak dijahit yang menggunakan bahan jins berwarna biru dipadankan dengan korset sebagai atasan dan dipadu luaran dari bahan kulit putih. Kesan stylish tetap terlihat.

Juara III Bianca Evangelia (beroleh hadiah uang tunai sebesar Rp.3.000.000,-), menjadikan air terjun sebagai pilihan inspirasi, tak lain karena ia menyukai hal-hal kontras yang terjadi dalam sewaktu.

Juara III # BIANCA EVANGELINA

Bianca menyodorkan sebuah jaket melengkapi celana kulot berpadan blus lengan panjang khusus di atas bahan scuba putih. Tasel-tasel berwarna biru dan abu-abu dari bahan wol yang menjuntai seperti air terjun diaplikasikan hampir pada seluruh permukaan busana.

 

[]Andriza Hamzah

Dirilis : LPTB Susan Budihardjo & Tim Muara Bagdja

 

 

Check Also

Koleksi Eksklusif Biyan di JD.ID

Tahun 2018,  menjadi awal perjalanan JD.ID untuk lebih mendukung perkembangan industri fashion di Tanah Air …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *