‘Dunia’ Kaum Muda Zaman Now

2 November 2017  @ XXI Epicentrum – Jakarta

Seperti apa ‘dunia’ dan apa yang mendominasi dalam benak sejumlah besar  anak zaman ini, rasanya tertuang lengkap dalam sebuah kemasan tontonan layar lebar, yang diberi judul     ‘My Generation’.

Film karya Sutradara wanita, Upi, yang mengangkat realita  kehidupan anak zaman now yang kritis karena  keberaniannya mengeluarkan pendapat, ,  bisa dijadikan sebagai referensi — tidak hanya — bagi orangtua, tetapi juga bagi anak muda zaman now, yang disebut millenials.

Perbedaan karakter antar generasi yang sangat gamblang tertuang dalam film ini. Tak bisa dimungkiri seperti itulah yang terjadi di kehidupan nyata saat ini.

Keseriusan penggarapan film,  terlihat mulai dari persiapan naskah untuk percakapan merupakan hasil riset intensif secara 2 tahun yang dilakukan Upi secara social media listenin. Hingga ke percakapan-percakapan yang terjadi di antara anak muda yang sekarang kebanyakan berbahasa secara bilingual Indonesia dan Inggris.

Lebih dari itu, film produk IFI Sinema — dikenal dengan karya filmnya antara lain ‘Coklat Stroberi’, ‘Radit & Jani’, dan terakhir medio 2017 merilis film ‘Pertaruhuan’ — menyerap pemain sebagai penguat nilai film melalui seleksi terbilang cukup ketat. Demikian diterangkan oleh Upi, dan juga Adi Sumarjono, Produser IFI Sinema.

Tercatat nama-nama pemain senior yang menoreh indah dunia perfilman Nasional, Ira Wibowo, Tyo Pakusadewo, Karina Suwandhi, Aida Nurmala, Joko Anwar, Indah Kalalo dan Surya Saputra. Bersanding dengan pemain muda pendatang baru : Lutesha, Bryan Warow, Arya Vasco dan Alexandra Kosasie.

Bagi Upi, tak pelak untuk penggarapan film kali ini, diakui dirinya sepanjang 1 tahun tidak mengambil proyek lain. Sebagai sebab,”Untuk film tentang aanak muda ini saya melakukan  riset hingga selama 2 tahun, dan secara serius di sana. Terlebih harus mendapat 4 pemain pendatang baru,, yang sangat bisa mewakili anak muda zaman now bukannya berkendala tetapi tentu tidaklah mudah. Bekerja secara tertib, mulai jam 6 pagi hingga sore hari. Mereka Bersyukur kesemua lancar. Terlebih dari itu, IFI Sinema berani menggarap film ini,” ujar Upi,  di acara Media Screening Gala Premiere film ‘My Generation”. Yang selanjutnya, tayang di seluruh bioskop di Indonesia mulai tanggal 9 Nopember 2017 mendatang.

 “Acara gala premiere malam ini  menjadi puncak dari serangkaian kegiatan promo dan publikasi  untuk memperkenalkan film ‘My Generation’. Beberapa kegiatan yang sudah mulai dijalani antara lain kunjungan ke beberapa kantor redaksi media dan  ke beberapa SMA, talkshow radio, juga di program TV hingga acara fashion show. Kesemua kegiatan ini untuk mengenalkan film serta karakter pemain muda secara lebih dekat,” kata Adi Sumarjono, Produser IFI Sinema, di tempat yang sama.

[]Andriza Hamzah

Foto : ePR & Febi

 

 

Check Also

Tabur Bintang Di “Bunga Penutup Abad”

18 April 2018 @Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia – Jakarta Diperuntukkan bagi penikmat seni, pameran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *