HAPPY SALMA, Produser

Happy Salma Di Antara ‘Perempuan-Perempuan’ Chairil

11 November 2017              @Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

CHAIRIL DAN HAPSAH (2)

Bergandeng, dan didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, — menyusul meraih sukses dalam menggelar pementasan ‘Bunga Penutup Abad’ di Jakarta dan Bandung, menjelang akhir tahun 2017, Titimangsa Foundation,  yayasan nirlaba yang bergerak di bidang budaya yang didirkan oleh pelaku seni Happy Salma bersama Yulia Evina Bhara pada Oktober 2017, mengelar pentas teater bertajuk ‘Perempuan-Perempuan Chairil’.

Agus Noor, Sutradara

Pentas teater yang  diselenggarakan selama dua hari —  tanggal 11 dan 12 November 2017  — di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta,  ini mengangkat sosok penyair ternama Indonesia, Chairil Anwar.

Adalah pelaku seni Happy Salma dan Agus Noor selaku Sutradara,  terinspirasi dari buku berjudul “Chairil” karya Hasan Aspahani, kemudian  menemukan bentuk dan fokus pemanggungan Chairil. Termasuk di sana,  biografi Chairil yang berhubungan dengan sejumlah sosok perempuan yang dihadirkan  dalam puisinya.

CHAIRIL DAN IDA NASUTION (1)

Dalam siaran persnya, Happy Salma, yang juga  merupakan Produser Teater ‘Perempuan Perempuan Chairil’, mengatakan,”Chairil Anwar melalui karya-karyanya merupakan cermin sejarah untuk memaknai apa arti kemerdekaan manusia, juga kemerdekaan sebuah bangsa. Setidaknya esensi itulah yang mendorong saya mewujudkan mimpi mementaskan perjalanan hidup Chairil Anwar.”

Happy Salma melanjutkan, melalui puisi-puisinya, Chairil Anwar telah mengambil peran yang tak kecil demi memberi tenaga dan makna pada semangat revolusi dan kemerdekaan Negeri ini. Chairil Anwar mati muda, tetapi karya-karyanya melampaui zamannya. Ia seakan tak pernah mati. Semangatnya selalu ada dan terus hidup bersama kita.”

CHAIRIL DAN SRI AJATI (1)

Teater Perempuan Perempuan Chairil  menampilkan aktor terbaik Indonesia :  Reza Rahadian sebagai Chairil Anwar, Marsha Timothy sebagai Ida, Chelsea Islan sebagai Sri Ajati, Tara Basro sebagai Sumirat dan Sita Nursanti sebagai Hapsah Wiriaredja.

Dan dimeriahkan dengan hadirnya pemain pendukung yaitu Sri Qadariatin sebagai Perempuan Malam dan Indrasitas sebagai Affandi.    Pementasan yang didukung oleh tim kerja yang solid dan profesional yaitu Iskandar Loedin (Pimpinan Artistik),  Ricky Lionardi (Penata Musik),  Prabudi Hatma Samarta (Penata Video), Retno Ratih Damayanti (Penata Kostum),  Yudin Fakhrudin (Penata Rias), dan dr. Tompi sebagai Fotografer.

Pengisi lagu dari White Shoes & the Couples Company, kian membuat menawan pementasan Teater ‘Perempuan-Perempuan Chairil’.

CHAIRIL DAN SUMIRAT (1)

Penyair legendaris Indonesia, Chairil Anwar memang  sosok yang melahirkan karya-karya fenomenal dan mampu menjadi sumber inspirasi banyak orang.

Seperti dikatakan  Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, maka pertunjukan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap penulis besar Indonesia, serta membuktikan bahwa karya sastra Indonesia tetap aktual dan dapat diangkat melalui kemasa kekinian sehingga lebih mudah diapresiasi oleh masyarakat terutama generasi muda.

“Kami harap, melalui teater ‘Perempuan Perempuan Chairil’, kita lebih mengenal sosok Chairil Anwar dan kisah di balik puisi-puisi ciptaanya,’ katanya menambahkan.

[]Andriza Hamzah

Foto : ePR

Check Also

Tabur Bintang Di “Bunga Penutup Abad”

18 April 2018 @Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia – Jakarta Diperuntukkan bagi penikmat seni, pameran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *