• Sunat Dewasa : Beragam Manfaat Didapat

    Berjalannya waktu, di Indonesia pun selain untuk anak-anak, melakukan sunat atau khitan tidaklah ada batasan usia. Sunat juga tidak hanya perlu dilakukan alasan agama, tetapi juga faktor kesehatan. Karenanya, pria dewasa pun direkomendasikan untuk melakukan sunat.

Sunat Dewasa : Beragam Manfaat Didapat

Berjalannya waktu, di Indonesia pun  selain untuk anak-anak,  melakukan sunat atau khitan  tidaklah ada batasan usia.  Sunat  juga tidak hanya perlu dilakukan alasan agama, tetapi juga faktor kesehatan. Karenanya, pria dewasa pun direkomendasikan untuk melakukan sunat.

Maka kian waktu, sunat dewasa sudah menjadi hal yang wajar dan umum dilakukan.  Dan faedah dari sunat adalah sangat baik bagi kesehatan. Sunat, yang merupakan tindakan medis dengan tujuan untuk membersihkan penis dari penyakit, sehingga orang tersebut dapat bebas dari penyakit yang bisa mengancam kesehatan.

Terlebih, pada zaman sekarang ini tingkat kesehatan masyarakat yang semakin baik, tak lepas dari semakin sadarnya masyarakat akan manfaat sehat yang tidak ternilai harganya. Bahkan organisasi kesehatan Dunia (WHO) sedang “booming” mengkampanyekan salah satu topik kesehatan yang sedang dioptimalkan adalah tentang kesehatan reproduksi, baik itu pada pria maupun pada wanita.

Terkait sunat pada pria dewasa, ini maka dengan melakukan khitan (sunat) atau biasa disebut sirkumsisi yang  adalah sebuah tindakan bedah  membuang sebagian kulit kepala penis,  maka  kotoran yang kadang mengendap pada bagian dalam dapat berkurang bahkan menghilang.

Tentu yang tidak kalah bermanfaatnya dari pria dewasa melakukan sunat, adalah memberi kesehatan yang baik  bagi wanita pasangannya. Jadi penis yang bersih dan sehat, menjadikan hubungan intim lebih nyaman dan aman.

Dari paparan d iatas kiranya sangat mudah melakukan peningkatan kesehatan genitalia bagi para pria dewasa dan pasangannya.  Yaitu dengan melakukan  sunat. Yang  memang sudah menjadi ajaran bagi agama Islam, namun  saat ini ternyata sudah menjadi kebutuhan bagi seluruh kaum pria.

Di klinik Rumah Sunatan yang menjadi pusat khitan anak dan dewasa,  sekarang ini bahkan  juga memberikan edukasi bagi para pria dewasa yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai khitan.

Pada dasarnya cara sunat untuk pria dewasa sama seperti sunat anak, namun ada beberapa perlakuan yang sedikit berbeda pada sunat dewasa, yaitu metode sunat yang digunakan. Sunat pada pria dewasa sebaiknya dilakukan oleh dokter bedah supaya lebih aman dan steril karena khitan termasuk operasi kecil yang memungkinkan terjadinya infeksi.

Selain itu karena pembuluh darah pada kemaluan sudah besar maka dikhawatirkan terjadi pendarahan, sehingga akan lebih baik bila ditangani oleh dokter yang berpengalaman menangani atau melakukan khitan pada pasien pria dewasa.

Sunat dewasa di rumah sunatan dilakukan dengan metode laser atau lebih umum dikenal dengan sebutan electric cauter. Khitan dewasa ini sendiri dilakukan oleh dokter bedah.

Penggunaan metode ini mengkoagulasi (membekukan) darah, sehingga pada saat proses tindakan tidak banyak darah yang keluar. Hal ini sangat penting karena pada pria dewasa pembuluh darah di sekitar penis membesar, sehingga di khawatirkan akan banyak darah yang keluar.

Juga akan dilakukan jahitan untuk menyatukan bagian ujung kulit penis  yang dibuang tadi. Tindakan jahitan  karena pria sering mengalami ereksi dan di khawatirkan apabila tidak dilakukan jahitan luka, bisa mungkin  akan terbuka lagi dan terjadi pendarahan. Juga di anjurkan untuk beristirahat dahulu pasca tindakan sunat, agar mempercepat proses penyembuhan luka pasca sunat.

Tentang Rumah Sunatan

Rumah Sunatan adalah Circumcision Centre atau Pusat Pelayanan Khitan untuk segala usia, mulai dari usia bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa. Dengan jaringan Klinik terbesar di seluruh wilayah Indonesia. Menyediakan layanan khitan konvensional maupun modern dengan tenaga medis yang handal.

Rumah Sunatan memiliki unit pelayanan khusus seperti Sunat Gemuk, Sunat Dewasa, Sunat Premium dan Sunat Perempuan. Pelayanan Sunat Dewasa dilengkapi dengan ruang tindakan yang nyaman dan terpisah dari ruang tindakan anak-anak, serta fasilitas pemeriksaan laboratorium sebelum prosedur tindakan dilakukan.

Rumah Sunatan pertama kali didirikan oleh dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS pada tahun 2007. Dengan ketekunan dan komitmen untuk memberikan pelayanan memuaskan bagi pasien dan keluarga, saat ini Klinik Rumah Sunatan telah memiliki 39 cabang  di seluruh Indonesia. Penerapan  inovasi baru di bidang sunat, seperti metode “clamp” dan sunat tanpa suntik (needle-free injection), menjadi bagian peningkatan kualitas layanan Klinik Rumah Sunatan.

Untuk informasi tentang Rumah Sunatan bisa diakses via website www.rumahsunatan.com atau ke media sosial kami Facebook : @rumah.sunatan dan Instagram : @rumahsunatanID

[]Andriza Hamzah

Bahan Tulisan & Foto : Rumah Sunatan

 

Check Also

Wajah & Kulit Tubuh Terawat Nan Aduhai

Bagi sebagian wanita, memiliki tubuh yang sehat,  wajah  pun cerah, ditunjang kulit bening, tentulah bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *