‘Plomo’ : The Netflix For Drinking Out

Yang biasa dilakukan  oleh hampir banyak  bar maupun restoran dalam   menarik pengunjung, ada tiga hal : memasang iklan di media konvensional ataupun digital, menghadirkan promosi, dan mengadakan event.

Demikian catatan dari hasil  riset internal yang dilakukan oleh Harry Pradipta, CEO aplikasi mobile, Plomo.

Hanya saja, jelas Harry Pradipta, sulit bagi bar dan restoran untuk mengetahui secara pasti berapa cost yang dikeluarkan ataupun ROI untuk 1 orang pengunjung.

“Dan untuk hal-hal tersebut, semua cost umumnya perlu dikeluarkan di muka oleh para bar dan restoran, tanpa melihat dulu hasilnya,” katanya.

Berangkat dari sanalah Plomo, sebuah startup , diluncurkan. Merupakan sebuah  aplikasi mobile  berbasis langganan yang   menawarkan pengguna satu minuman gratis per hari di bar dan restoran terkemuka. Sekaligus membantu mendatangkan pengunjung dan pendapatan bagi bar maupun restoran, serta menawarkan alternatif yang lebih  dibandingkan dengan saluran pemasaran yang ada saat ini.

Bersama   Plomo,  seperti djelaskan Harry Pradipta, maka  bar dan restoran dapat mengatur pengeluaran marketing mereka dengan lebih efisien. Tak  sebatas itu saja,  juga mengukur secara lebih akurat cost yang dikeluarkan serta ROI yang didapatkan dari tiap-tiap pengunjung.

Lebih dari itu, , Plomo juga mengurangi resiko dari pengeluaran marketing bagi bar dan restoran. Dan  berbeda dengan marketing channel yang hadir sebelumnya, cost untuk mendatangkan pengunjung hanya dikeluarkan setelah pengunjung sudah hadir di bar atau restoran tersebut, yakni cost dari complimentary drink yang diberikan kepada pengunjung tersebut.

Bila Plomo hanya i memilih minuman sebagai fokus complimentary item-nya bukanya  tanpa alasan.

“Ketika kami sering pergi ke sebuah bar atau restoran dan menjadi regular customer di sana, terkadang bartender memberikan kami minuman on the house. Hal tersebut sebenarnya sebuah gesture yang sangat sederhana, tetapi masih sangat diapresiasi oleh customer. Kami melihat peluang, bahwa hal ini dapat menjadi sebuah customer reward system yang sangat mengena sekaligus menjadi insentif yang sangat menarik bagi orang untuk datang dan mencoba bar dan restoran baru,” menjelaskan  Harry Pradipta lebih rinci.

Saat ini Plomo, yang masih menghadirkan layanan gratis, dapat langsung diunduh dari Google Play Store ataupun Apple App Store. Setelah mengunduh, pengguna dapat langsung mendaftarkan diri menggunakan akun email, Facebook atau Google.

Dari sana pengguna akan dapat banyak informasi menarik  dari semua bar dan restoran yang bekerja sama dengan Plomo, termasuk complimentary drinks apa saja yang ditawarkan oleh masing-masing bar dan restoran.

“Ya, sampai dengan saat ini, kami masih menghadirkan layanan secara gratis, karena kami masih dalam fase beta. Namun  ke depannya, kami akan memberlakukan subscription fee bagi penggguna aplikasi Plomo. Dan bisa dibilang,  Plomo  adalah the Netflix for drinking out.”

 

[]Andriza Hamzah

Bahan Tulisan & Foto : Advo PR

Check Also

Smartphone ‘Milenial’ Yang Sulit Ditolak

Terbilang,  kehadiran varian baru dari smartphone dual camera yang penuh gaya dan memberikan value yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *