Bunda Pas – Peduli Asupan Sehat

Menjaga tumbuh kembang optimal Si Kecil, buah hati Ibu dan Ayah, adalah masa yang berharga, yang tidak akan berulang. Karenanya, untuk mendapatkan anak sehat dan cerdas di kemudian hari, selama 1000 Hari Pertama Kehidupannya, pahami dan penuhilah asupan nutrisi yang sesuai Angka Kecukupan Gizi.

Itulah kampanye  ‘Bunda Pas (Peduli Asupan Sehat’  yang berisikan ajakan kepada para Ibu, yang digagas oleh PT Kalbe Blackmores Nutrition.

Melihat data Nasional dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 lalu juga menunjukkan prevalensi resiko Kekurangan Energi Kronis (KEK),  yang merupakan  status gizi kurang yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama pada wanita hamil — biasanya terjadi pada wanita usia subur yaitu 15-45 tahun — .sebanyak 24,2%.

dr. Raissa E. Djuanda,

Diterangkan oleh dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK, Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara dan Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah, di acara bertajuk “Penuhi Asupan Nutrisi yang PAS – Peduli Asupan Sehat untuk Kesehatan Bunda dan Buah Hati” yang diselenggarakan PT Kalbe Blackmores Nutrition, beberapa waktu lalu di Jakarta, bahwa salah satu indikator status gizi adalah berat badan.

Lanjutnya,”Pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal dan penerapan pola hidup yang sehat dengan gizi seimbang dibutuhkan sebelum, saat dan setelah periode kehamilan, agar kesehatan ibu dan janin optimal”.

Juga yang  perlu diketahui, empat penyebab utama Angka Kematian Ibu (AKI) adalah pendarahan, eklamsia, infeksi serta komplikasi dari aborsi ataupun persalinan.

Eklamsia yang disebabkan oleh faktor genetik, kegemukan dan diabetes, berupa peradangan atau inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan aliran darah tidak lancar. Begitupun, eklamsia dapat dicegah, dengan catatan, mikronutrien Ibu cukup kebutuhan, antara lain dengan antioksidan penting seperti selenium, enzim Q10, fish oil, vitamin C dan vitamin E, untuk kehamilan yang optimal.    

Di acara yang sama, dan menghadirkan artis Donita, pembicara ahli,  dr. Bram Pradipta, Sp. OG, Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan serta Pengasuh Redaksi Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Klikdokter.com, melengkapi keterangan.

dr. Bram Pradipta, SpOG

“Ada beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat dari kurangnya asupan nutrisi saat hamil, seperti defisiensi zinc dan magnesium yang dapat menyebabkan preeklamsia dan kelahiran premature. Defisiensi zat besi dan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Juga dapat disampaikan,  defisiensi vitamin K dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan saat melahirkan, asupan yodium yang tidak memadai selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati dan kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun senja”.

Dari sana, kedua pembicara ahli, dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK dan dr. Bram Pradipta, Sp. OG, menyampaikan satu kalimat yang sama maknanya. Yaitu, untuk mendapatkan anak sehat dan cerdas di kemudian hari, selama 1000 Hari Pertama Kehidupannya, pahami dan penuhilah asupan nutrisi yang sesuai Angka Kecukupan Gizi.

Sejalan dengan yang dikampanyekan oleh PT Kalbe Blackmores.

[]Andriza Hamzah

Foto : ePR

Check Also

Wajah & Kulit Tubuh Terawat Nan Aduhai

Bagi sebagian wanita, memiliki tubuh yang sehat,  wajah  pun cerah, ditunjang kulit bening, tentulah bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *