Irama kulintang Bersama Ibu Luar Biasa

6 Desember 2017    @Lippo Mall Kemang – Jakarta Selatan

Vadiel Mekha GM Fashion Legacy & Ken Subagiyo, Ketua Mitra Seni Indonesia

Jelang Hari Ibu yang diperingati di setiap tanggal 22 Desember, Mitra Seni Indonesia (MSI), suatu perkumpulan bersifat nirlaba, non poliitik, dan merupakan wadah bagi mereka yang Peduli, Pemerhati, Pecinta dan Pelaku, beranggotan  para Ibu berusia antara 50 –  80 tahun,  bersama Fashion Legacy menyelenggarakan  pagelaran musik bertajuk “Bunda Berkarya”.

MSI,  yang didirikan pada tanggal 9 Agustus 2007 oleh Bapak Ir. Sanyoto Sastrowardoyo  MSc (Alm), Ibu Dra. Susrinah Sanyoto Sastrowardoyo dan Ibu Sri Harmoko,  yang saat ini berjumlah  758 anggota, memiliki beragam  pelatihan di bidang seni — alat musik daerah, olah vokal, melukis, tari, merangkai bunga, membatik, dan olah vokal —  bagi para anggotanya.

Dari pelatihan di bidang seni, tercatat MSI tak henti tampil dan melakukan pagelaran  di beragam acara dengan menggelar wisata seni dan budaya di dalam dan luar Negeri. Bahkan, dari sana MSI  mengikuti sejumlah lomba /festival hingga meraih prestasi.

Di antaranya, Juara I Provinsi DKI Karawitan Tingkat Pemula 2013, dan Kejuaraan bagi 2 Grup dari 10 Grup Kolintang tahun 2012 – 2013.  Sedangkan prestasi tingkat Internasional, MSI memperoleh Medali Perak Level V Paduan Suara tahun 2016 dan Level tahun 2017.

Dan, di acara “Bunda Berkarya”,  terlihat  nyata tampilan Ibu-Ibu dari 4 grup : Grup Kolintang Manise, Grup Kolintang Yasmin, Grup Kolintang Esa Mokan dan Grup Kolintang Wewene Malesung, yang penuh semangat,  begitu energik, fasih  dan berpesona memainkan alat musik.

“Pagelaran musik ini kami dedikasikan kepada wanita Indonesia, khususnya kaum Ibu yang luar biasa membesarkan dan mendidik kita semua hingga bisa seperti sekarang,” ujar Vadiel Mekha GM Fashion Legacy.

Lebih lanjut Vadiel Mekha memberi apresiasi, betapa Ibu-Ibu MSI ini sangat hebat, walaupun tergolong senior karena banyak di antara mereka sudah memilki cucu, namun tetap memiliki tekad dan semangat untuk tetap terus belajar dan berkarya.

“Karenanya harus didukung, yang sekaligus untuk lebih memperkenalkan alat musik Indonesia kepada generasi muda. Dan apa yang disampaikan oleh Ibi-Ibu di MSI, semoga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Mitra Seni Indonesia, Ken Subagiyo menyampaikan,”Bahwa penampilan kali ini selain untuk menyambut peringatan Hari Ibu, kami juga mainkan beberapa lagu bernuansa Christmas. Harapan kami dengan permainan alat musik Kulintang di Lippo Mall Kemang ini bisa memberitahu kepada khalayak ramai khususnya generasi muda bahwa mari bersama-sama kita lestarikan alat musik dan kesenian asli Indonesia”.

 

[]Andriza Hamzah

Foto : Bella

Check Also

Inovasi G-Shock, Gandeng Inovator Muda

7 Desember 2017 @Kuningan Plaza, Jakarta Tak sedikit yang mengetahui, bahwa ide untuk menerbangkan manusia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *