Ibu Jenny Tjahyawati, perancang busana muslim - Raizal Boeyoeng Rais, Ketua Umum KDEI - Ibu Ir Emilia Suhami, Direktur Utama LLP-KUKKM - Ibu Erna Rasyid Taufan

Taburan Designer @Smesco Indonesia & KDEI

Ir. Emilia Suhaimi, Direktur Utama LLP-KUKM bergambar bersama dengan para designer KDEI yang diketuai Raizal Boeyoeng Rais.

Salah satu pihak  yang tak henti berkesinambungan mendorong pertumbuhan industri fashion Tanah Air, terbilang adalah Lembaga Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM).  Yang di penutup tahun 2017,  melaksanakan serangkaian kegiatan promosi dan pemasaran, dengan menyelenggarakan “Smesco Designer Parade 2017” dan “Smescco Year End Sale 2017”.

Acara  hasil   kerjasama Smesco Indonesia dengan Komunitas Designer Etnik (KDEI) yang berlangsung  dari tanggal 9 hingga 31 Desember 2017 di Semesco Indonesia, Jakarta,  ini terselenggara  dalam rangka mempromosikan, memasarkan dan upaya untuk mencintai dan bangga memiliki produk dan brand lokal.

3 Perancang Senior : Samuel Watiimena – Raizal Boeyoeng Rais – Dimas Mahendra

“Terselenggaranya acara ini didasari kerjasama yang telah terjalin sejak 23 tahun lalu, untuk engangkat bersama hingga berkembang.  Bila lebih mengedepankan busana etnik tidaklah lepas agar karya tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia  tetap terjaga, untuk kemudian diteruskan oleh generasi muda,” tutur Ir. Emilia Suhaimi, Direktur Utama LLP-KUKM.

Emilia Suhaimi melanjutkan keterangannya,””Smesco Designer Parade 2017” merupakan langkah strategis LLP-KUKM guna meningkatkan produktivitas daya saing pasar poduk fashion dan kain etnik Nusantara  di pasar dosmetik dan Internasional. Untuk mencaai apa yang menjadi tujuan, Smesco bergandengan dengan KDEI.”

Hal senada  disampaikan oleh perancang senior Raizal Boeyoeng Rais, yang juga merupakan Ketua Umum KDEI di acara yang di hadiri perancang busana senior Samuael Wattimen.

“Berdiri  dari desainer Indonesia, dirasa wajib memberi sesuatu  pada bangsa ini. Untuk melestarikan seni budaya bangsa, kami memanggil generasi muda untuk menggunakan  kain tenun etnik.  Dan untuk menularkan penggunaan kain tenun etnik, siapa lagi kalau bukan kita yang memberi contoh.”

Tercatat,  31 designer  — di antaranya : Raizal Boeyoeng Rais, Ida Leman, Jenny Tjahyawati, Nina Nugroho, Nita Seno Adji, Erdan dan beberapa lainnya —  terlibat menyemarakkan “Smesco Designer Parade 2017” dan “Smescco Year End Sale 2017”, dengan menghadirkan  40 rancangan busana muslim dan konvensional karya rancangannya.

Sesuai dengan  tema  yang diusung yaitu ‘Etnic”, para designer menghadirkan kekayaan ragam kain Nusantara dari berbagai daerah Indonesia.

Di sela acara, perancang senior Dimas Mahendra, Penasehat KDEI menyampaikan harapannya melalui acara yang digagas Smesco Indonesia dengan menggandeng KDEI, mencapai sasaran. “Saya melihat adanya prospek yang  bagus. Untuk itu rekan-rekan di KDEI diajak untuk  membuat produk etnik Indonesia yang  tidak sekadar cantik di atas pentas tetapi  mampu menembus persaingan yang semakin ketat. Jadi kami berharap kegiatan  seperti ini terselenggara kondisten dari tahun ke tahun”.  

 

[]Andriza Hamzah

Foto : Aha

 

Check Also

Inovasi G-Shock, Gandeng Inovator Muda

7 Desember 2017 @Kuningan Plaza, Jakarta Tak sedikit yang mengetahui, bahwa ide untuk menerbangkan manusia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *