TBC Melalui TOSS TB

Sebagai bagian dari pengagas Kompetisi Vlog TBC, ini Johnson & Johnson Indonesia menempatkan TBC sebagai salah satu prioritas utama kesehatan masyarakat di Indonesia.

Lakish Hatalkar

Seperti yang  disampaikan  oleh Lakish Haltakar, President Director Johnson & Johnson Indonesia, di acara peluncuran dan pembukaan kompetisi Vlog TBC, beberapa waktu lalu di Jakarta,”Partisipasi aktif pemuda sebagai kelompok usia produktif sangat penting untuk penanggulangan penyakit TBC. Internet dan berbagai platform digital menciptakan kesempatan yang baik untuk mendistribusikan informasi secara lebih cepat, terutama bagi kelompok usia produktif yang mengakses internet dalam kehidupan harian mereka. Bermodalkan kreativitas dan kemampuan berinovasi serta berkomunikasi yang didukung dengan perkembangan teknologi yang pesat, kami percaya kompetisi ini dapat menjadi upaya nyata untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menyebarluaskan informasi seputar TBC. Mari kita bekerjasama untuk benar-benar membebaskan Indonesia dari TBC.”

Di acara pembukaan kompetisi Vlog TBC,   dr. Wiendra Waworuntu M.Kes Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan RI menuturkan,”Sebagai Negara endemik Tuberkulosis, maka beban dan kompleksitas yang ditimbulkan sangat besar mengingat penularannya yang cepat dan pengobatan yang lama”.

Tambahnya, beriring rendahnya pengetahuan terhadap tuberkulosis menyebabkan rendahnya angka penemuan kasus.

Lebih jauh dokter Wiendra Waworuntu menerangkan,”Berdasarkan data yang ada, saat ini terdapat 68% atau 676.000 kasus tuberkulosis yang tidak terdeteksi dan tidak dilaporkan. Untuk itu, saya percaya bahwa cara terbaik untuk mempercepat penanggulangan tuberkulosis di Indonesia adalah melalui kolaborasi terpadu untuk menyebarluaskan informasi tentang penyakit tuberkulosis sebagai salah satu penyakit endemik prioritas di Indonesia yang perlu dieliminasi secara strategis dan masif melalui kolaborasi berbagai pihak”.

 

Tuberkulosis,  diketahui paling banyak menyerang kelompok usia produktif, dimana potensi kehilangan produktivitas sangat besar apabila penyakit ini tidak terdeteksi dan tidak ditangani dengan benar.

“Untuk itu kami mengapresiasi inisiatif untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit tuberkulosis melalui Kompetisi Vlog TBC ini. Harapannya akan lebih banyak kelompok pemuda produktf berpartisipasi, sehingga dapat meningkatkan jumlah penemuan kasus tuberculosis”.

 

[]WatRoeslan

Check Also

Inkontinensia Urine, Bukan Monopoli ‘Lansia’

Usia senior, sebutan untuk orang ‘lansia’ (lanjut usia),  lekat dengan kondisi jompo, cenderung sangat tua.  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *