PTTEP & Dompet Dhuafa, Peduli Diabetes

Hadir di Indonesia mulai  tahun  2010, dan menjalani program  CSR  sejak 2012, di tahun 2018, PTT Exploration and Production Public  Companyi Limited (PTTEP), perusahaan minyak milik Negara berpusat Bangkok, Thailand,  bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, Lembaga Nirlaba milik masyarakat Indonesia, menyelenggarakan acara berkaitan Hari Perempuan Internasional.  Dengan fokus pada penyakit kronis namun tidak menular, yaitu Diabetes Mellitus.

Bukan tanpa alasan berfokus pada DM. Kiranya hal ini terkait data yang cukup memprihatinkan mengenai penyakit Diabetes Melitus di Tanah Air, yang menunjukkan  Indonesia merupakan Negara di urutan ke-4 dengan prevelansi diabetes tertinggi di dunia.

Dan, diabetes merupakan penyebab kematian terbesar nomor 3. Penyandang diabetes di Indonesia, tercatat 422 juta orang atau sebesar 8,5 persen berusia 18 tahun !

Melalui Gerai Sehat Rorotan,  hasil kerjasama PTTEP dan Dompet Dhuasa, kali  ini diselengarakan   pemeriksaan dini pada 555 wanita di kawasan Jakarta Utara.

Sesuai dengan misinya, Gerai Sehat Rorotan melaksanakan berbagai program layanan kesehatan baik yang bersifat promotif, preventing kuratif dan rehabilitatif untuk mendukung program Kementerian Kesehatan Repibluk Indonesia.

Demikian yang disampaikan oleh Rini Suprihartanti, Direktur Pengembangan Usaha Sosial DD-SE, di acara temui media yang berangsung di Gelanggang Remaja Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

“Kegiatan pemeriksaan dan pencegahan diabetes yang menyasar pada penderita DM, dan  hadir di 5 kelurahan di Jakarta Utara yakni Kalibaru, Koja, Warakas, Marunda dan Rorotan, juga bekerjasama dengan Puskesmas. Dan program, ini merupakan salah satu program promosi kesehatan diselenggarakan  yang berkaitan dengan memperingati hari ulang tahun Gerai Sehat Rorotan  ke tiga,” tambah Rini Suprihartanti.

Di acara yang sama, General Affairs Manager PTTEP, Afiat Djajanegara mengatakan,  bahwa kesehatan milik semua orang dan ini merupakan kerjasama ketiga yang telah terjalin dengan Dompet Dhuafa. Yang ke depannya ditingkatkan kualitasnya.

 “Dan bila pilihan   Jakarta Utara sebagai  wilayah dari  pemeriksaan  dan pencegahan diabetes, ini merupakan hasil survey yang  menunjukkan ini daerah  padat, dan kemampuan ekonomi masyarakat belum merata”, kata Afiat Djajanegara.

[]Andriza Hamzah

 

Check Also

Wajah & Kulit Tubuh Terawat Nan Aduhai

Bagi sebagian wanita, memiliki tubuh yang sehat,  wajah  pun cerah, ditunjang kulit bening, tentulah bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *