“FJB” : Majukan Pamor Kuliner Nusantara

Hernie Raharja, Foods Director PT Unilever Indonesia Tbk. – Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) RI – Vita Datau, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

Festival Jajanan Bango 2018”, perhelatan kuliner akbar tahunan yang selalu dinanti puluhan ribu pecinta kuliner kembali hadir. Berlangsung selama dua hari – 14 – 15 April 2018 –, bertempat di Park & Hide Thamrin 10 Jakarta.

Gemebyar pesta kuliner yang digelar    bersamaan dengan  perayaan 90 tahun Bango, dan untuk menggambarkan lebih  jelas  perjalanan Bango yang senantiasa tulus dan konsisten dalam menjaga kualitas,  dihadirkan  melalui  galeri unik  bertema “Warisan Kuliner Nusantara”.

Tak hanya itu, ditampilkan pula berbagai cerita di balik ragam kuliner Nusantara dan kisah para penjaja kuliner yang sudah melegenda. Dan kian menawan saja dari acara, ini pengunjung bisa mengenal bagaimana proses pembuatan kecap berkualitas dari mulai pembibitan kedelai hitam berkualitas hingga teknis produksi terkini.

Dituturkan oleh  Henie Raharja, Foods Director PT Unilever Indonesia TbK.,  bahwa Bango mempunyai misi sosial untuk melestarikan kuliner Indonesia, dengan cara membantu mempopulerkan dan menyejahterakan penjaja makanan tradisional Indonesia, salah satunya lewat Festival Jajanan Bango ini.

“Selain itu, Bango juga selalu bermitra dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Pemerintah sebagai bentuk kolaborasi dalam memajukan pamor kuliner Nusantara,” lanjut Hernie.

Bukti dari kolaborasi Bango dengan pihak Pemerintah adalah dengan hadirnya area “Kampung Soto” di tengah kemeriahan “Festival Jajanan Bango 2018”  sebagai bentuk dukungan Bango terhadap salah satu program Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf RI) dalam mempopulerkan dan melestarikan warisan kuliner Nusantara.

Seperti disampaikan oleh Triawan Munaf,  Kepala Bekraf RI,”Kami mengapresiasi dukungan dari Bango melalui “Bango adalah brand yang membanggakan, dan  Pemerintah patut mendukung dengan apa yang dilakukan oleh Bango.”

Dukungan pada  “Festival Jajanan Bango 2018” juga  datang dari  Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Dukungan diberikan karena sebagai pionir festival kuliner Nusantara, “Festival Jajanan Bango” telah dikenal sebagai destinasi wisata kuliner yang sangat dinantikan oleh wisatawan baik Nusantara dan mancanegara. Melalui rutinnya pelaksanaan “Festival Jajanan Bango”, Bango telah turut membantu upaya Kemenpar RI dalam memajukan kuliner Nusantara, sehingga Pesona Indonesia tidak hanya terpancar dari keindahan alam ataupun keanekaragaman seni dan budayanya, namun juga dari kekayaan kelezatan dan kearifan lokal yang terkandung dalam begitu banyak ragam kulinernya.

“Kementerian Pariwisata RI sangat  terbantu dengan adanya festival ini. Karenanya, acara serupa ini perlu didukung oleh Pemerintah , dan ini bisa menjadi acara ‘jagoan’,” ujar Vita Datau, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

Setelah Jakarta, “Festival Jajanan Bango 2018” akan digelar di kota Makassar tanggal 5-6 Mei 2018 bertempat di Lapangan Karebosi.

[]Andriza Hamzah

Foto : Alchemy PR

Check Also

Kehangatan Idul Adha Bersama Bango

Berbagi berkah dan kebersamaan kembali disampaikan oleh Bango, kecap produksi PT Unilever Indonesia, Tbk.  Kegiatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *